Harga Cabai Rawit Merah di Kulon Progo Merangkak Naik

Istimewa

KBRN, Kulon Progo : Harga cabai rawit merah di Kabupaten Kulon Progo naik drastis. Sejumlah pedagang di Pasar Wates, menjual komoditas tersebut dengan harga Rp80 ribu per kilogramnya. 

Pedagang di Pasar Wates, Tyas mengatakan, sewajarnya harga cabai rawit merah berkisar antara Rp 40.000-Rp50.000 per Kg. Namun sekarang ini sudah melonjak hingga Rp80.000 per kg.

"Harga cabai merah mulai naik saat Natal dan Tahun Baru. Di awal 2021, harga naik lagi hingga menyentuh Rp80.000 per Kg. Padahal sebelumnya paling mahal ya Rp50.000 per Kg," ucap Tyas, di Pasar Wates, Kulonprogo, Sabtu (9/1/2021).

Tyas memperkirakan, kenaikan harga ini merupakan imbas dari musim hujan dan stok di petani menipis. Akibatnya harga dari petani menjadi tinggi yang turut mempengaruhi harga jual di pasar.

"Kemarin saya kulakan harganya mencapai Rp 65.000 per Kg," ucapnya. .

Kenaikan harga ini, ujar Tyas menyebabkan daya beli masyarakat pada cabai rawit menurun. Jika normal nya sekitar 15 Kg cabai mampu terjual setiap harinya, namun kini hanya terjual sekitar 5 Kg per hari. 

Salah seorang pembeli, Sutiyah mengatakan, dirinya tetap membeli cabai rawit merah meski harganya semakin mahal. Hanya saja untuk menyiasati mahalnya harga ini, kemudian jumlah pembelian dikurangi.

"Biasanya saya beli bisa sampai sekilo, namun karena mahal dikurangi jadi setengahnya saja. Yang penting tetap beli," ujarnya. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00