10 Days Challenge 2020 BEI Periode Keempat Munculkan 2.254 SID Baru

KBRN, Yogyakarta : Pendemi Covid 19 sepanjang tahun 2020 yang berdampak pada seluruh kegiatan perkuliahan secara fisik tatap muka di lingkungan kampus, tidak menyurutkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan beberapa Perusahaan Efek Anggota Bursa (AB), Mitra Galeri Investasi (GI) BEI untuk terus melakukan sosialisasi, edukasi, dan menambah jumlah investor di Pasar Modal Indonesia melalui GI BEI.

Komitmen tersebut diungkapkan Sekretaris Perusahaan PT BEI Yulianto Aji Sadono, dibuktikan dengan tetap dilaksanakannya 4 periode Kompetisi 10 Days Challenge 2020.

"Periode keempat yang baru saja berakhir ini tetap melahirkan ribuan investor baru dari kalangan civitas akademika," katanya, Sabtu (9/1/2021).

10 Days Challenge dijelaskannya, merupakan kompetisi yang diselenggarakan BEI bagi seluruh GI BEI di Indonesia, berupa tantangan dalam melakukan pembukaan rekening efek saham sebanyak-banyaknya dalam jangka waktu 10 hari kerja.

"Selain untuk memberikan apresiasi kepada GI BEI dan ABMitra GI BEI, tujuan lain dari kompetisi ini adalah untuk meningkatkan implementasi pembukaan rekening efek yang saat ini sudah semakin cepat dan mudah," tambahnya.

Selain itu, kompetisi ini juga merupakan sarana edukasi yang dapat mendorong terciptanya inklusi pasar modal dalam bentuk peningkatan jumlah investor dalam negeri.

Selama pandemi, diungkapkannya, BEI menambah kebijakan perpanjangan durasi kompetisi setiap periodenya selama 10 hari kerja, dan periode keempat ini telah dimulai sejak 5 November hingga 2 Desember 2020.

Selama periode tersebut, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah memvalidasi 2.254 Single Investor Identification (SID) dari 43 GIBEI yang mengikuti kompetisi pada periode ini, dengan dukungan total 7 AB Mitra GI BEI.

Hasil pencapaian AB Mitra GI BEI pada Kompetisi 10 Days Challenge 2020 Periode Keempat, pada peringkat pertama PT Indo Premier Sekuritas dengan 4 partisipasi dan 791 SID baru, PT PT Phintraco Sekuritas 12 partisipasi dan 772 SID baru, PT MNC Sekuritas 16 partisipasi dan 497 SID baru, PT Phillip Sekuritas Indonesia 7 partisipasi dan 159 SID baru, PT BRI Danareksa Sekuritas 1 partisipasi dan 31 SID baru, PT FAC Sekuritas Indonesia 2 partisipasi dan 2 SID baru, PT Panin Sekuritas Tbk 1 partisipasi dan 2 SID baru.

Sedangkan GI BEI Pemenang Kompetisi 10 Day yaitu; Kantor Perwakilan Jawa Timur, GI Universitas Islam Malang, Anggota Bursa PT Indo Premier Sekuritas 462 SID Baru dengan hadiah Rp5 juta; Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1, GI Universitas Negeri Semarang, Anggota Bursa PT Phintraco Sekuritas, 176 SID Baru dengan hadiah Rp4 juta; Kantor Perwakilan Jawa Tengah 1, GI Politeknik Negeri Semarang, Anggota Bursa PT Phintraco Sekuritas 162 SID Baru dengan hadiah Rp3 juta; Kantor Perwakilan Banten, GI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Anggota Bursa PT Indo Premier Sekuritas 126 SID Baru dengan hadiah Rp3 juta; Kantor Perwakilan Jawa Timur, GI Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Anggota Bursa PT Indo Premier Sekuritas 115 SID Baru dengan hadiah Rp3 juta; Kantor Perwakilan Jawa Barat, GI Universitas Muhammadiyah Cirebon, Anggota Bursa PT MNC Sekuritas 103 SID Baru dengan hadiah Rp2, juta;

Selain itu, Kantor Perwakilan Bangka Belitung, GI STMIK Atma Luhur, Anggota Bursa PT Phintraco Sekuritas 95 SID Baru dengan hadiah Rp2,5 juta; Kantor Perwakilan Sumatera Barat, GI FE Universitas Andalas, Anggota Bursa PT Indo Premier Sekuritas 88 SID Baru dengan hadiah Rp2,5 juta; Kantor Perwakilan Jawa Timur, GI Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Anggota Bursa PT MNC Sekuritas 75 SID Baru dengan hadiah Rp2,5 juta; Kantor Perwakilan Jawa Barat, GI Universitas Swadaya Gunung Jati, Anggota Bursa PT MNC Sekuritas 70  SID Baru dengan hadiah Rp2,5 juta.

BEI berharap pelaksanaan 10 Days Challengepadatahun-tahun berikutnya akan semakin banyak GI BEIyang berpartisipasi, mengingat bahwa saat ini BEI telah memiliki 504 GI BEI pada area 30 Kantor Perwakilan BEI di seluruh Indonesia per 30 Desember 2020. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00