Lancar Berusaha di Tengah Pandemi Corona

KBRN. Klaten : Dampak pandemi di berbagai sektor ekonomi tidak terlalu memengaruhi kegiatan BUMDesa di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan Klaten. Pengelolaan BUMDes ‘Kemudo Makmur’ tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Desa Kemudo, Hermawan Kristanto mengatakan, BUMDes Kemudo Makmur sudah berdiri sejak empat tahun lalu, dengan kegiatan antaralain mengelola limbah kering dari pabrik yang ada di Kemudo. Limbah itu seperti palet kayu, tangki bekas, dan karton bekas. Limbah itu didistribusikan ke berbagai industri.

“Alhamdulillah kegiatan BUMDes tetap berjalan meski ada Covid-19. Selama pabrik masih bisa produksi, kami masih bisa berjalan,” tandasnya Senin (19/10/2020).

Menurut Hermawan,  adanya lockdown di beberapa daerah tidak memengaruhi kegiatan BUMDes. Di Kemudo tidak dilakukan lockdown sehingga tidak terlalu mempegaruhi kegiatan BUMDes dalam mengelola limbah tersebut. Bahkan BUMDes mampu menyumbang PAD hingga ratusan juta rupiah.

“Pada APBDes tahun 2020, BUMDes memberikan Pendapatan Asli Desa (PAD) sebanyak Rp350 juta. Saya berharap PAD dari BUMDes bisa meningkat mencapai Rp500 juta,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris BUMDes ‘Kemudo Makmur’, Isa Ansori mengaku, walaupu8n  pandemi, tidak ada karyawan yang sampai dirumahkan. Para karyawan juga masih mendapatkan honor yang nilainya di atas UMK setiap bulan. Kegiatan BUMDes tetap berjalan lancar hingga saat ini.

“Adanya pandemi memang ada penurunan pembelian sekitar 15 persen karena banyak pembeli dari luar kota yang untuk saat ini tidak membeli hasil pengelolaan limbah di BUMDes Kemudo Makmur,” terangnya.

Kegiatan BUMDes ‘Kemudo Makmur’ tidak hanya mengelola limbah, tetapi juga mengelola pembayaran PBB, dan saat ini juga membantu penyaluran Bantuan Pangan non-Tunai dan Bantuan Sosial dari provinsi. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00