Pasar Covid Jambidan, Ajang Pemulihan Ekonomi Masyarakat Desa

KBRN, Bantul :  Guna menghidupkan kembali sektor ekonomi warga desa yang terimbas oleh pandemic Codiv-19, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dan Pemerintah Desa Jambidan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar kegiatan dengan nama Pasar Covid Jambidan (PASADAN).

Diselenggarakannya Pasadan ini sekaligus sebagai media mempertemukan antaran penjual (pelaku usaha mikro) dengan pembeli, apalagi warga Jambidan yang didominasi oleh pekerja (penglaju) dan pelaku usaha mikro sangat merasakan dampak dari wabah corona.

Selaion itu, kegiatan Pasar Covid Jambidan juga sebagai wahana pembelajaran adaptasi tatanan baru dengan penerapan protokol kesehatan, melibatkan mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Peresmian Pasadan dilakukan oleh Panewu (Camat) Banguntapan Drs. Fauzan Muarifin, didampingi Lurah Desa Jambidan, Afif Umahattun dan Ketua FPRB Desa Jambidan, Mart Widarto, pada Sabtu (18/7/2020).

“Pasar ini dibuka untuk masyarakat umum tanpa kecuali. Namun pasar ini wajib menaati protocol kesehatan yang berlaku,” ujar Lurah Desa Jambidan, Ai Umahatun, di sela peresmian Pasadan.

Tidak sembarang orang dapat memasuki kawasan pasar ini. Ketika memasuki pasar, masyarakat diwajibkan untuk melakukan cuci tangan menggunakan handsoap. Setelah itu diberlakukan pengecekan suhu yang dilakukan oleh teman-teman KKN Padukuhan Dhuku. Masker menjadi syarat utama untuk memasuki kawasan pasar.

Selain masyarakat wajib mematuhi protocol kesehatan, jajaran kepolisian seperti Bhabinkamtibmas, anggota FPRB, SATLINMAS, mahasiswa KKN UNY juga  mengedepankan protokol kesehatan.

“Pasar ini dibuka untuk masyarakat umum tanpa kecuali. Namun pasar ini wajib menaati protocol kesehatan yang berlaku ,” ujar Ai Umahatun sebagai Lurah Desa Jambidan.

Pasar Sore yang terletak di selasar barat lapangan Desa Jambidan ini akan berlangsung selama 2 bulan kedepan.

Jajanan di pasar ini sangat beraneka ragam, minuman yang dijajakkan juga tidak kalah menarik. Lengkap, baik untuk anak-anak ataupun orangtua, sangat tepat untuk menikmati makanan di Pasar Covid Jambidan. (ril/satria/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00