Pemerintah Desa Tamanmartani Kalasan Sleman Berikan Bantuan Program Ketahanan Pangan Berupa Bibit Sayuran

KBRN, Sleman : Di Tengah Pandemi Covid 19 Pemerintah Desa Tamanmartani Kalasan Sleman memberikan bantuan Program Ketahanan Pangan kepada warganya berupa bibit Sayuran.

Pj Kepala Desa Tamanmartani Kecamatan Kalasan Joko Susilo, mengatakan, dalam pencegahan dan penanganan covid 19, Pemerintah Desa Tamanmartani memberikan bantuan  diantaranya    bantuan Program Ketahanan  Pangan terhadap masyarakat di rumah tangga.

"program ketahanan pangan di rumah tangga ini merupakan program andalan kami bagaimana supaya tidak terjadi krisis pangan di wilayah Desa Tamanmartani akibat dampak dari covid 19 ini,  sehingga kami memberikan stimulan ataupun bantuan kepada setiap padukuhan berupa bibit sayuran terong,  bibit sayuran tomat,  bibit sayuran cabai,  bibit sayuran sawi dan lain sebagainya, Serta kelengkapannya berupa kompos,” jelasnya(31/5/2020).

Joko Susilo mengharapkan, program ketahanan pangan dalam pasca darurat seperti ini dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat akibat dampak ekonomi yang berdampak pada sendi kehidupan,  dari segi sosial,  segi budaya,  dan ekonomi di tengah pandemi covid 19.

" kami nanti ke depannya pra pasca darurat  ini  akan menghidupkan lumbung pangan di 22  padukuhan di Desa Tamanmartani  yaitu dengan menginput produk gabah dari petani yang di jual karena sebagian hasil gabah petani itu di jual untuk mencukupi pengolahan sawah kembali dan nantinya akan digalakkan  membuat lumbung pangan di padukuhan untuk menampung hasil gabah dari petani yang di jual," ungkapnya.

Ia menambahkan, anggaran program bantuan pangan di alokasikan dari Apbdes tahun 2020, dan     anggaran tahap awal untuk ketahanan pangan melalui warung hidup serta untuk pencegahan preventif penyakit dengan togasenilai  kurang  lebih RP 10 juta, dengan jumlah total nantinya  untuk pemberdayaan ekonomi sekitar Rp. 30 juta.(yon/ryt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00