Pemkab Gunungkidul Terapkan E-Ticketing Tarik Retribusi Wisata

KBRN, Gunungkidul : Awal Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan menerapkan sistem penarikan retribusi wisata dengan sistem E-Ticketing. yang dicoba di destinasi wisata pantai.

Bupati Gunungkidul, Badingah menerangkan, Pemkab berupaya penuh untuk meningkatkan pelayanan disektor kepariwisataan. Nota kerja sama menurutnya sudah ditanda-tangani dan sistem e-ticketing akan segera dilaksanakan.

"Kita sudah melakukan kerjasama atau MOU dengan BRI Syariah untuk menerapkan sistem pembelian tiket retribusi wisata secara online," katanya, Kamis (9/1/2020).

Orang nomor satu di Gunungkidul ini menyebutkan banyak sekali manfaat sistem e-ticketng, selain untuk mengurangi antrean di sekitar tempat pemungutan retribusi (TPR).

"Penerapan teknologi ini sebagai upaya transparansi dan mengurangi potensi kebocoran retribusi sehingga pendapatan dapat dimaksimalkan," paparnya.

Badingah juga menyebut, dalam tahap awal e-ticketing akan diberlakukan di destinasi wisata pantai mulai Baron hingga Pok Tunggal. Jika sukses sistem ini akan diterapkan di seluruh destinasi wisata di Gunungkidul.

"Kita coba di destinasi wisata pantai dulu. Nanti kalau lancar kita akan perapakan diseluruh destinasi wisata," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Kelik Yuniantoro, mengatakan pihaknya mulai mempersiapkan berbagai perangkat untuk penerapan e-ticketing. Mantan sekretasi Diskominfo itu menjelaskan teknis penjualan e-ticketing dengan model online shop melalui laman resmi milik Pemkab.

"Nantinya saat bertransaksi pengunjung mendapatkan barcode yang digunakan untuk tanda masuk ke kawasan wisata," tungkasnya. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00