Indonesia Muslim Life Fair 2022 Akan Hadir di Jogja Awal Juni 2022

KBRN, Yogyakarta : Setelah sukses menyedot sekitar 30ribu pengunjung di Jakarta akhir Maret 2022 lalu, Indonesia Muslim Life Fair untuk pertama kalinya akan digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dihelat tanggal 3-5 Juni 2022, di Yogyakarta sekaligus penanda gelaran di luar Jakarta dalam rangkaian road to Indonesia Muslim Life Fest.

Direktur PT Lima Events, Deddy Andu mengatakan, Pameran kedua di tahun kedua ini akan digelar di Jogja Expo Center (JEC) dengan luas 1.800 m².

Di tengah pandemi Covid 19 yang sudah sangat landai dan pelonggaran-pelonggaran yang dilakukan pemerintah, diharapkan melalui Indonesia Muslim Life Fair 2022 mampu membangkitkan kembali aktivitas-aktivitas masyarakat terutama geliat ekonomi para pelaku UMKM terutama di Yogyakarta.

"Sebenarnya kita tidak memasang target. Tapi sebagai gambaran saja kemarin di Jakarta itu voleh dibilsng total di Indonesia Muslim Life Fair sekitar 15 hingga 20 miliar rupiah transaksi yang terjadi," ujar Andu di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Menggandeng Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Indonesia Muslim Life Fair di Yogyakarta akan diikuti sekitar 180 Perusahaan, dan dibuka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Dijelaskannya, Ratusan tenant ini siap menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari modest fashion, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, thibbun nabawi herbal, beauty & pharmaceutical hingga Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS). 

Tidak hanya bazaar produk, pameran ini juga semakin semarak karena diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik seperti talkshow, bedah buku, temu penulis, Job Fair, storytelling anak, kids corner, dan Kid’s town.

"Didalam pameran ini komplit bisa sekaligus untuk liburan keluarga sembari bersama-sama menggerakkan roda ekonomi pelaku UMKM," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPMI, Rachmat Surtanas Marpaung menyampaikan, tidak sedikit pelaku UMKM salah satunya anggota KPMI terdampak pandemi Covid 19.

Dengan potensi anggota KPMI sekitar 48.000 yang tersebar dari Banda Aceh hingga Merauke dan 3 chapter di Qatar, Saudi Arabia, dan Mesir, Rachmat mengungkapkan, banyak permintaan KPMI di Daerah untuk gelaran Indonesia Muslim Life Fair, akan tetapi hal tersebut sulit dilakukan dalam waktu berdekatan dan secara perlahan mulai digelar di luar Jabodetabek.

"KPMI di Jogja sendiri sebelumnya pernah menyelenggarakan pameran serupa. Dan mudah-mudahan ini bisa menjadi para pelaku usaha terutama UMKM untuk bisa mempromosikan produknya, sekaligus membangun jejaring dan mudah-mudahan terjadi aktivitas transaksi," ungkapnya.

Ditambahkannya, peserta pameran 80 persen diikuti pelaku usaha di Yogyakarta, sedangkan 20 persen lainnya dari luar Yogyakarta.

"Semoga antusias pengunjung terjadi di Jogja. Kita sama-sama meramaikan acara ini. Dari kita untuk kita dan oleh kita, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat karena terdapat program-program yang dilaksanakan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ketua KPMI Korwil Yogyakarta, Feri mengungkapkan, dipilihnya Yogyakarta sebagai daerah pertama di luar Jakarta dalam road to Indonesia Muslim Life Fair memberi peluang pergerakan ekonomi para pelaku usaha di Yogyakarta dengan msrket utama para pelajar dan mahasiswa, termasuk wisatawan.

Ia pun tidak menampik, selama pandemi tidak sedikit UMKM yang tumbang, sehingga diharapkan pameran terbesar pertamakali di Yogyakarta yang dapat digelar pasca Pandemi Covid 19 ini menjadi momentum untuk kebangkitan para UMKM sehingga dapat kembali mengenalkan inovasi produk-produknya.

"Bukan hanya sekedar Bazar saja, tetapi banyak manfaat yang akan kita dapatkan manfaatnya seperti ilmu melalui talkshow, bedah buku, kesehatan. Banyak sekali inovasi yang akan kita dapatkan selain transaksi ekonomi," ungkapnya.

Pameran Indonesia Muslim Life Fair Yogyakarta merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Yogyakarta yang terus menunjukkan tren positif meski masih pandemi. Pada 2021, pertumbuhan ekonomi Yogyakarta melaju sebesar 5,53%, tumbuh di atas ekonomi nasional.

Nantinya, pada tahun 2022 ini, Road to Indonesia Muslim Life Fest, setelah digelar di Yogyakarta akan berlanjut dengan Indonesia Muslim Life Fair 2022 ke Purwokerto dan Bandung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar