Pemkab Bantul Fokus Pembangunan Infrastruktur pada Tahun ini

KBRN, Bantul : Kabupaten Bantul fokus memprioritaskan pembangunan infrastruktur barang dan jasa mulai tahun ini. Menurut Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih hal ini penting sebagai bentuk belanja modal yang nantinya akan bermanfaat untuk mengungkit perekonomian.

Tidak hanya di tahun ini, Halim juga berencana memfokuskan pembangunan infrastruktur ini hingga 2023 mendatang. Karena keberadaan jalan misalnya menurut Halim akan berdampak pada distribusi barang dan jasa agar semakin lancar.

“Kalau yang sarana untuk distribusinya saja buruk atau tidak ada lha bagaimana mungkin ekonomi itu akan tumbuh. Maka belanja modal, infrastruktur itu penting, harus, itu mutlak kita teruskan. Angkanya akan terus kita tingkatkan, mengejar, sehingga seluruh akses jalan jembatan irigasi ini bisa terpenuhi dengan kualitas yang baik,” katanya usai kegiatan Pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) Tahun Anggaran 2022 di Gedung Induk Parasamya, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Bantul Mujahid Amrudin mengatakan di tahun 2022 ini total pengadaan barang dan jasa yang dilakukan pihaknya mencapai Rp 1,5 trilyun. Terbagi menjadi Rp 300 milyar melalui penyedia dan Rp 1,2 trilyun secara swakelola.

“Untuk 2021 ini kan sebagian besar untuk refocusing penanganan covid jadi tahun 2022 ini sudah peningkatan untuk infrastruktur dan belanja modal lainnya itu sudah cukup banyak. Katakanlah dari sisi paket, yang kemarin tender itu sekitar 94 lalu tahun ini ada sekitar 140 paket tender baik untuk infrastruktur maupun pengadaan lainnya,” jelasnya di kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Mujahid mengatakan kedepan pemerintah pusat telah menerapkan kebijakan pengadaan barang dan jasa ini dilakukan secara elektronik. Hal ini juga termasuk untuk pengadaan secara langsung. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar