Sultan Janjikan Insentif Bebas Pajak PKL Terdampak Relokasi

KBRN, Yogyakarta: Babak baru bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro akhirnya dimulai dengan diresmikannya Teras Malioboro 1 dan 2 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rabu (26/1/2022) sore bersama dengan Wakil Walikota Heroe Purwadi. Sultan meresmikan Teras Malioboro 1 yang merupakan bekas gedung bioskop Indra.

Kepada media, Sultan menyatakan Pemda dan juga Pemkot Yogyakarta berkomitmen akan memberi insentif berupa pembebasan pajak dan retribusi selama satu tahun.

“Dengan oleh APBD yang ada, kami dalam satu tahun ini tidak akan menarik pajak untuk PKL yang akan dipindah. Kemudian juga dengan retribusi yang tidak akan ditarik dalam satu tahun, sehingga memberikan ruang kepada para PKL untuk fokus bersama-sama kami mempromosikan Teras Malioboro ini kepada pengunjung atau wisatawan,” ujarnya.

Gubernur berharap dengan diresmikannya Teras Malioboro seluruh PKL secara bertahap dapat segera pindah ke tempat relokasi yang disediakan.

“Harapan saya, nanti kita akan otomatis akan mengambil keputusan, bagaimana dengan teman-teman PKL yang pindah ke Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2, tidak boleh lagi berjualan di sepanjang jalan Malioboro,” ungkap Sultan.

Ia pun meminta agar kebijakan untuk tidak ada lagi PKL yang berjualan di pinggir jalan atau trotoar Malioboro dipatuhi.

“Nanti kalau ada yang sampai jualan, maka kasihan yang sudah mau pindah ini,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menegaskan PKL Malioboro tidak dihilangkan dan tetap menjadi ciri khas Malioboro. Keberadaan pedagang semakin terangkat dengan penataan yang dilakukan.

“Kalau ditanya apakah Malioboro berbeda (sekarang), ya tidak. Malioboro masih menjadi pusat hiburan, Malioboro masih menjadi pusat membeli oleh-oleh, Malioboro masih menjadi pusat jajanan,” jelasnya.

Selain memberi insentif berupa pembebasan pajak dan retribusi selama setahun, para PKL juga diperkenankan menempati Teras Malioboro secara gratis berikut dengan fasilitas pendukung yang telah disediakan. (ros)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar