Harga Cabai Naik, Kulon Progo Belum 'Pedas'

KBRN, Yogyakarta : Kekuatiran masyarakat terhadap kenaikan harga cabai di Natal dan Tahun baru  Nataru  kembali terasa bahkan beberapa daerah sudah mencapai Rp 55.000,-  hingga Rp 60.000,- perkilogam.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kulon Progo, Sudarna, mengatakan fenomena kanaikan harga cabai untuk Nataru tetap ada  dan itu terjadi setiap tahun, namun untuk Kabupaten Kulon Progo kenaikannya tidak terlalu signifikan.

“Seperti biasanya memang kenaikan ada  dan itu terjadi juga pada saat saat Nataru pasti ada sedikit perubahan harga, bukan hanya tahun ini, tapi tahun tahun sebelumnya juga terjadi seperti itu,” jelas Sudarna, Sabtu (4/12/2021).

Terkait penyebab utama kenaikan harga cabai yang sering terjadi di Nataru, ungkap Sudarna, itu yang tidak dapat diinfentarisir peyebab utamanya, namun rata-rata Nataru mobilitas masyarakat terjadi, selain kebutuhan menghadapi Natal ikut mempengaruhi kenaikan harga cabai.

“Kalau saya perhatikan masyarakat sudah terbiasa dengan kondisi kondisi seperti ini, bahkan keluhan masyarakat Kulon Progo setidaknya ke kami sampai hari ini belum ada,” tandasnya.

Sinergitas antar instansi terkait seperti Dinas Pertanian, dikatakan Sudarna, tetap dilakukan guna meningkatkan produksi cabai, apalagi Kulon Progo sebagai daerah produsen stok tetap tersedia, bahkan memasok ke daerah lain hanya saja faktor psikologis yang ikut mempengaruhi harga. (Tns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar