Bawang Merah Jadi Komoditas Unggulan di Kabupaten Kulon Progo

Kegiatan panen bawang merah (ist)

KBRN, Kulon Progo : Bawang Merah merupakan salah satu komoditas unggulan dari (Kulon Progo). Karena itu, kegiatan panen bawang merah merupakan salah satu komoditas unggulan yang sejak lama telah diusahakan oleh petani secara intensif di beberapa wilayah di Kabupaten Kulon Progo. 

Pengembangan kawasan produksi Bawang Merah, dilakukandi Kapanewon Sentolo, Kapanewon Panjatan, Wates, Galur, Pengasih, Temon dan Lendah. 

Bupati Kulon Progo Sutedjo menghadiri kegiatan panen bawang merah Kelompok Tani Suka Makmur, dusun Sukoponco, Sukoreno, Kapanewon Sentolo, pada awal pekan ini mengatakan, luas tanam bawang merah di wilayah Kapanewon Sentolo pada musim tanam Agustus 2021 mencapai 406 hektar. Jumlah ini meningkat dari tahun 2020 yang hanya seluas 387 hektar.

Karenanya Sutedjo mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Suka Makmur.  

"Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang tidak terdampak langsung oleh pandemi Covid-19. Bahkan lada 2020, sektor pertanian berhasil menyumbang PDRB 2020 mencapai 14,56%," ujar Sutedjo, di Kulon Progo, Jumat (22/10/2021).

Sementara itu, Lurah Sukoreno, Kapanewon Sentolo Olan Suparlan, hasil dari menanam bawang bawang merah sudah sangat bagus, meskipun menghadapi permasalahan hama ulat. 

"Kami harap ada program dari pemerintah untuk mendukung di bidang pertanian, khususnya bawang merah. kemudian yang tidak kalah pentingnya, permasalahan yang dihadapi petani mengenai harga. Saat semakin banyak warga tani yang menanam bawang merah, harga nya turun sangat drastis” tambah Olan Suparlan.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00