Peran Kodim 0734/Kota Yogyakarta dalam Penyaluran BTPKLW

KBRN, Yogyakarta : Kodim 0734/Kota Yogyakarta kembali menyalurkan Bantuan Tunai khusus untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) bertempat di Aula Amarta Makodim 0734/Kota Yogyakarta Jl. AM Sangaji No. 55 Cokrodiningratan, Kemantren Jetis Kota Yogyakarta, Selasa (12/10/2021).

Bantuan tunai tersebut merupakan bantuan dari pemerintah kepada pelaku usaha sektor mikro dalam bentuk program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW). Pada gelombang I ini masing-masing pelaku usaha mendapatkan bantuan senilai Rp 1,2 juta sebagai bentuk dukungan pemerintah melalui Kodim 0734/Kota Yogyakarta kepada pelaku usaha kecil terdampak pandemi Covid-19 yang belum pernah mendapat bantuan sama sekali.

Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Kolonel Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si, berkenan meninjau langsung proses pelaksanaan penyaluran BTPKLW di Aula Amarta didampingi Perwira Staf Teritorial Dim 0734/Kota Yogyakarta Mayor Inf Dhedyk Hartono.

Kolonel Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si menyampaikan, proses pendataan pedagang kaki lima dan warung yang akan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah adalah dilakukan oleh Babinsa Koramil jajaran Kodim 0734/Kota Yogyakarta. Karena para Babinsa ini adalah petugas yang berada di lingkungan-lingkungan Kelurahan Kota Yogyakarta, sehingga merekalah yang tahu keberadaan kaki lima maupun pemilik warung.

“Agar penyalurannya tepat sasaran dan jumlah nominal uang bantuan tidak berkurang, untuk pembagiannya kita pusatkan, karena pelaksanaan prosesnya harus disaksikan oleh kepala daerah maupun forum komunikasi daerah lainnya, semua harus teradministrasi, terpublikasi dengan baik, terdokumentasi dengan baik, sehingga dijamin bantuan ini tepat sasaran,” ucap Kolonel Inf Erwin Ekagita Yuna, S.I.P., M.Si.

Para pelaku usaha mengucapkan terima kasih atas bantuan yang mereka terima karena selama pandemi Covid-19, seluruh kegiatan usaha mereka sangat terganggu dan mengalami kemerosotan terlebih saat penerapan PPKM level 4 beberapa waktu lalu.

“Syukur Alhamdulillah atas bantuan ini. Terima kasih Bapak Jokowi, terima kasih juga untuk Kodim Yogyakarta yang menyalurkannya. Bantuan ini bisa saya gunakan sebagai modal lagi," kata Janu Sri Hartuti yang kesehariannya jualan makan ramesan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00