300 PKL Warung Kecil Malioboro Terima Bantuan Tunai

Penyaluran bantuan tunai PKL Warung Kecil / ist

KBRN, Yogyakarta : Perwakilan komunitas PKL, andong, dan becak di Kawasan Malioboro mengaku bersyukur dan senang telah disalurkannya Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

Perwakilan PKL, Rudiarto dari Koperasi Tridharma menyatakan bantuan ini sudah sangat dinantikan.

“Kami dengan penerapan PPKM kami terganggu kami ikuti arahan pemerintah menjaga prokes. Hari ini ada bantuan kami atas nama segenap komunitas PKL, andong, becak yang ada di kawasan Malioboro sangat bersyukur, dan sangat, sangat berterima kasih, yang selama ini kita tunggu-tunggu bantuan ini, terealisasikan hari ini,” jelas Rudiarto.

Terkait penerima bantuan, usai dialog dengan Presiden, Rudiarto mengaku tidak mengetahui jumlah total penerima bantuan ini. Pihaknya hanya mengusulkan nama calon penerima.

"Untuk Tridharma, 907 itu data kita sampaikan ke TNI Polri, verifikasi oleh TNI Polri. Syarat mendapatkan ada ketentuannya, kalau sudah mendapatkan BLT BPUM tidak mendapatkan lagi. Yang belum pernah mendapatkan, direncanakan akan mendapatkan semuanya. Data disiapkan karena verifikasi butuh waktu hari ini belum semua tersalurkan untuk selanjutnya akan diverifikasi semua PKL warung Malioboro akan mendapatkan. Berapa totalnya dari TNI Polri kita gak dapat info berapa jumlahnya. Yang sudah hari ini 300 penerima itu abungan semua perwakilan di Malioboro," tambah Rudi.

Perwakilan PKL lainnya, Slamet Santoso dari PEMALNI juga berharap agar pariwisata di Yogyakarta dapat segera dibuka kembali sehingga para PKL, khususnya di kawasan Malioboro dapat menikmati kunjungan para wisatawan.

“mewakili PKL mengucapkan banyak terimakasih. Mudah-mudahan mulai awal ini kami PKL di kawasan Malioboro bisa beraktivitas kembali dan sektor pariwisata bisa dibuka kembali sehingga kami PKL bisa menikmati kunjungan wisatawan yang nantinya belanja di kawasan Malioboro,” tutur Slamet.

Slamet juga mengaku sudah mengirimkan data PKL yang bergabung dalam komunitasnya ke pihak terkait.

"Kami PEMALNI ada 450 an, sudah kami kirimkan semua, verifikasi dan penyalurannya mengikuti dari pemberi bantuan," jelas Slamet.

Sementara itu, Komandan Satgas Paguyuban Becak Yogyakarta, Heru Santoso mengatakan pihaknya pun sudah menyampaikan data semua pebecak sebanyak 2540 an orang.

"Sudah kami sampaikan semua. berapa banyak yang nanti jadi mendapatkan , nanti pihak yang berwenang TNI Polri yang memverifikasi, kami hanya mengusulkan ," katanya.

Sebelum berdialog dengan perwakilan PKL di Malioboro sisi timur, Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, di Malioboro sisi barat, Sabtu, (9/10/2021). BT-PKLW nantinya akan diserahkan kepada 1 juta PKL dan warung di seluruh Indonesia dengan masing-masing diberikan sebesar Rp1,2 juta.

“Rp1,2 juta cukup menurut hitungan kita dan dimulai pertama kali di kawasan Malioboro Yogyakarta,” kata Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan di kawasan Malioboro, Sabtu, (9/10/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00