Dukung UMKM, Ida Joyokusumo Ijinkan UMKM Titip Produk di Gadri Resto

KBRN, Yogyakarta : Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) anggota DPC HIPPI (Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) Sleman mendapat kesempatan untuk menitipkan produknya di Gadri Resto dan Hotel Dhe Gadri.

Hal itu disampaikan Pimpinan dan  Pemilik Gadri Resto dan Hotel De Gadri BRAy Nuraida Joyokusumo (yang akrab dipanggil  Ida Joyo) usai Ketua Umum DPD HIPPI Sleman Atik Sri Purwantiningsih, SE, MAcc, Ak. dan pengurus DPC HIPPI Sleman melakukan audiensi dengan Ibu Ida Joyo, di kediamannya di lingkungan Kraton Yogyakarta di Jalan Rotowijayan Kadipaten, Kraton, baru-baru ini.

Menurut Ida Joyo, Gadri Resto merupakan sebuah resto yang memadukan  konsep rumah  Jawa, makanan dan minuman serta tarian kesukaan Sultan Yogyakarta.

“Sehingga Gadri Resto ini merupakan rumah edukasi dan ini merupakan satu-satunya di dunia,” ungkap  menantu Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang merupakan istri dari  GBPH Joyokusumo (almarhum).

Ia mendirikan  Gadri Resto sejak 35 tahun yang lalu. Tamu yang pernah ke Gadri Resto sebagian besar orang terkenal di Indonesia maupun dunia.

Seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, 50 Jenderal di Indonesia,  Para Pimpinan BUMN, 40 Duta Besar, 50 Pemuka Adat Papua, Artis dunia Steven Seagel, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad dan lain-lain, ungkap menantu Sultan HB IX (almarhum) yang secara khusus mempelajari berbagai makanan kraton Yogyakarta.

"Bahkan  sebelum Gusti Joyo meninggal, ada tujuh Presiden dari luar negeri yang datang ke sini,” cerita Ida Joyo.

Saat ini, meskipun Gadri Resto sedang direnovasi, masih ada tamu yang memaksakan datang ke Gadri Resto.

"Mereka tetap kami layani di ruang keluarga,” ungkapnya.Ia mengaku selama ini ada beberapa produk luar termasuk produk UMKM yang dititipkan di Gadri Resto.

“Saya mengutamakan produk UMKM dan minuman herbal. Bahkan  ada orang asing tetapi istrinya orang Jawa yang menitip minuman Jadul  “Sarsaparilla”. Tetapi karena Gadri Resto sedang direnovasi,  sekarang produknya dititipkan di Hotel De Gadri,” kata Ida Joyo.

Apabila nanti Gadri Resto sudah selesai direnovasi, ia mengijinkan produk UMKM anggota DPC HIPPI Sleman dititipkan di situ.

Selain itu, Ida yang juga Ketua Hipmikindo (Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia) DIY  memberikan kesempatan produk UMKM anggota DPC HIPPI Sleman dititipkan di hotelnya, De Gadri di kawasan Ringroad Selatan.Sementara itu,

Ketua DPD HIPPI Sleman, Atik Sri Purwantiningsih, SE, MAcc, Ak. mengatakan kesempatan yang diberikan BRAy Nuraida Joyokusumo merupakan kesempatan yang bagus.  Di Gadri Resto sering menerima tamu-tamu mancanegara. Sehingga dengan dititipkannya  di Gadri Resto, produk UMKM bisa semakin dikenal secara nasional maupun internasional.

 “Inilah salah satu bentuk pemasaran yang dapat membantu UMKM memasarkan produknya sehingga bisa dikenal luas oleh masyarakat secara nasional maupun internasional. Karena tamu-tamu di Gadri kebanyakan dari luar negeri sehingga berpeluang produk UMKM untuk diekspor,’’ harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00