KSPSI DIY Minta UMR di DIY Setara Kabupaten Perbatasan

KBRN, Yogyakarta : Konferensi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Daerah Istimewa Yogyakarta meminta Pemda DIY menaikan upah minimum Regional (UMR) 2022 setara dengan dua kabupaten perbatasan DIY yakni Magelang dan Klaten.

Ketua KSPSI Periode 2021-2026 yang baru saja terpilih, Roeswandi mengatakan kalangan buruh DIY tidak muluk-muluk dan berangan-angan tinggi terkait kenaikan UMR tahun depan. Buruh hanya berharap UMR naik menjadi setara dengan kabupaten perbatasan.

" UMR dua kabupaten perbatasan, Magelang dan Klaten tahun ini sedikit lebih tinggi dibandingkan Kabupaten Sleman. Magelang menetapkan UMR sebesar Rp2.075.00 dan Kabupaten Klaten sebesar Rp2.001.514. Sedangkan Kabupaten Sleman sebesar Rp1.903.500. Kita minta agar ada kenaikan minimal jadi setara dengan perbatasan," kata Roeswandi, disela-sela Konferda KSPSI DIY, di Hotel Abadi Yogyakarta, Minggu, (26/9/2021).

Roeswandi menambahkan pemerintah pusat kemungkinan besar tidak akan mengeluarkan kebijakan kenaikan upah tahun 2022, karena dampak pandemi yang belum juga usai, KSPSI DIY berharap tetap ada kenaikan UMR di DIY.

Minimal persentase kenaikan sama seperti tahun ini. Agar ke depan, ketimpangan UMR DIY dengan daerah lain tidak lagi jauh.

"Sebenarnya usulan ini sudah pernah kami sampaikan lewat surat ke Gubernur tahun lalu, bahkan karena tak ada respon kami mengadu ke GKR Hemas. Tahun ini kami berharap usulan kami menjadi pertimbangan untuk penetapan tahun depan," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00