PPKM Level 3 di DIY Diperpanjang Dengan Pelonggaran, Anak Boleh ke Mall

Sekda DIY Baskara Aji

KBRN, Yogyakarta : Pemerintah pusat kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di DI Yogyakarta. Perpanjangan sampai dengan (4/10/2021) mendatang dengan sejumlah pelonggaran. Diantaranya, diijinkannya anak dibawah usia 12 tahun masuk ke mall atau pusat perbelanjaan.

"Kita pada level 3 (PPKM), sama dengan kemarin. Perbedaannya di level 3 sekarang untuk mall yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, anak dibawah 12 tahun sudah bisa masuk," kata Kadarmanta Baskara Aji, Sekda DIY, di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (21/9/2021).

Aji menyebut, pembukaan mall oleh pemerintah pusat hanya di wilayah kota Yogyakarta sedangkan mall di Kabupaten Sleman masih belum diperbolehkan. Dia menyatakan,  pembukaan mall tentu dengan pertimbangan yang matang.

"Tentu Kemenkes punya pertimbangan tentang kondisi di wilayah kota. Kan dengan diputuskan itu sudah dilakukan perhitungan. Kan di beberapa PPKM level 3 kemarin sudah ada ujicobanya, survey di mall DIY. Nah menurut Kemenkes, penyelenggaraan yang ada di kota Yogyakarta itu sudah aman untuk bisa menerima mereka dibawah 12 tahun," jelasnya.

Sekda Aji mengimbau bagi orang tua yang membawa anak masuk ke mall agar bertanggung jawab atas kesehatan anak-anaknya. Protokol kesehatan harus ditegakkan secara disiplin.

"Orang tua harus tanggung jawab, bawa anak itu mesti sama orang tua. Bahwa anak tersebut harus ikut prosedur menggunakan masker, jaga jarak, pada saat makan sesuai prokes. Jadi orang tua ikut bertanggung jawab keselamatan anak itu dari kemungkinan terpapar positif," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan, level PPKM  diantaranya didasarkan pada BOR, dan kasusnya, serta cakupan vaksinasi.

"Teman-teman sudah pirsa (tahu) ya. Jadi (penilaian dari) angka kematiannya, BORnya, kasusnya. Termasuk vaksinasinya di kota ini cukup tinggi sehingga mungkin pertimbangan kemenkes adalah itu, mall dibuka untuk (usia dibawah) 12 tahun. Harapannya itu tadi ada Herd immunity 70 persen. Semoga akhir bulan ini 80 persen," jelasnya.

Adapun capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta sangat bagus. Yakni 177 persen (dosis) pertama, dosis kedua 109 persen.

"Capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta inilah sebagai salah satu pertimbangan diperbolehkan anak masuk mall sebab dinilai sudah terbentuk Herd Immunity atau kekebalan kelompok," pungkasnya. (wuri-jos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00