Akses Malioboro Dibuka, Sultan HB X: Masyarakat Bisa Cari Sesuap Nasi

KBRN, Yogyakarta : Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah mengeluarkan Instruksi Gubernur DIY nomer 20 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 COVID19 di DIY. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menjelaskan, ada beberapa pelonggaran pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang berlaku sampai 2 Agustus mendatang.

Salah satunya pedagang kaki lima (PKL) kuliner dibolehkan melayani makan di tempat, maksimal 3 orang, durasi makan 20 menit, dan jam operasional maksimal sampai jam 20.00.

"Perbedaannya ya dimungkinkan PKL bisa jualan tapi dengan jam-jam tertentu boleh buka,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan Yogyakarta, Senin (26/7/2021).

Sri Sultan menambahkan akses ke Malioboro juga sudah dibuka , sehingga memungkinkan orang masuk. Dengan begitu, jika PKL berjualan sudah ada calon pembelinya. Kebijakan ini diharapkan memberi dampak positif bagi pelaku usaha.

"Dua tiga hari yang lalu kan sudah dicoba. Jadi kami berharap nanti kalau bisa berpindah yang ditutup, tidak terus menerus seperti itu, untuk memberi ruang meraka bisa jualan. Kalau di-close itu otomatis gak ada orang kesitu, ya jualannya gak ada yang beli," tambah Sultan.

Sultan berharap ada pengaturan sistem buka tutup, sehingga para PKL dapat memperoleh penghasilan meski belum maksimal.

"Tapi kalau bisa ya ditutup tapi 2 hari nanti pindah tempat lain, yang penting tetap mengurangi mobilitas , jadi setelah tidak jualan 2 hari, nanti hari ketiga jualan lagi. Harapan saya masyarakat juga bisa mencari sesuap nasi lah," pungkasnya.

Sementara itu, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menambahkan pelonggaran pada PPKM Level 4 belum bisa mengakomodir usulan PKL Malioboro untuk buka sampai jam 22.Namun tetap mengacu pada inmendagri, operasional tempat usaha PKL sampai jam 20.00.

"Kita sudah sampaikan negosiasi intinya kita diminta bisa sama yang diatur kemendagri. Saya kira mohon bersabar dulu kita diberikan waktu buka sampai jam 20,00 WIB dengan ketentuan seperti itu," terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00