FOKUS: #PPKM MIKRO

Terungkap, Alasan PSS Bantu UMKM Sleman

KBRN, Yogyakarta: Pandemi yang hingga kini belum kunjung usai berdampak pada banyak hal. Salah satunya sektor perekonomian yang terhambat. Termasuk sektor perekonomian yang digerakkan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM). 

Demi membantu UMKM, khususnya di Kabupaten Sleman, PSS bersama lembaga sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar kegiatan bertajuk PSS for Humanity. Kegiatan itu dimulai 25 Juli hingga 8 Agustus mendatang. 

Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah membantu para pelaku UMKM mempromosikan barang dan jasa yang ditawarkan lewat akun media sosial PSS. 

“Pandemi Covid memang telah memberikan dampak negatif bagi eksistensi pelaku UMKM, dari mereka banyak yang gulung tikar dan mati suri. Apalagi adanya PPKM yang berdampak pada terhambatnya pemasaran,” tutur Direktur Operasional PT Putra Sleman Sembada (PT PSS) Hempri Suyatna. 

Pria yang juga akademisi di Fisipol UGM itu menyebutkan, kepedulian yang ditunjukkan PSS adalah bukti klub yang lahir dan besar di Kabupaten Sleman tersebut tak lepas dari peran serta ekonomi kerakyatan. Ketika kompetisi bergulir misalnya, dukungan UMKM atau ekonomi menengah ke bawah terhadap eksistensi klub sangat besar. 

“Dengan kegiatan PSS for Humanity ini harapanya bisa membantu kesulitan pelaku UMKM untuk membantu pemasaran,” ujarnya menambahkan.

Berharap bangkit

Hempri yang juga staf ahli Bupati Sleman itu memandang kegiatan PSS for Humanity memiliki arti penting untuk membangkitkan kembali UMKM di Sleman. Kegiatan itu juga menjadi cara PSS berkontribusi bagi masyarakat di bidang ekonomi kerakyatan. 

“Selama ini UMKM menjadi tulang punggung masyarakat dan pilar perekonomian. Jangan sampai UMKM mengalami gulung tikar. PSS Sleman adalah milik bersama sehingga kita juga harus memberikan manfaat untuk sesama,” tutur Hempri. 

Terkait kurva pertumbuhan kasus Covid-19 yang masih tinggi, Hempri juga mengajak Sleman Fans disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai usaha menekan laju pertumbuhannya. 

“Mari teman-teman Sleman Fans, tetap jaga protokol kesehatan, yakni cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak (CITA MAS JAJAR). Mari terus kita lakukan dan ikhtiar sehingga sebaran Covid bisa diminimalkan,” tandasnya. 

Terpisah, Stakeholder Relations PSS, Nurusyifa, Minggu (25/7/21) siang, menyebutkan, PSS termotivasi untuk mengangkat potensi UMKM Sleman yang terdampak pandemi dan juga kebijakan PPKM. 

Syifa mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilakukan di program ini. Pertama adalah promosi gratis untuk UMKM di akun Instagram resmi PSS. 

“Para pelaku UMKM adalah yang paling terdampak selama pandemi ini. Untuk itu, kami ingin membantu mereka promosikan barang dagangannya lewat akun kami,” tambahnya. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00