Kereta Bandara YIA Mulai di Ujicobakan

Ujicoba KA Bandara (ist/RRI)

KBRN, Kulon Progo : Pembangunan jalur kereta api (KA) Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di wilayah Kulon Progo, sudah memasuki tahap akhir dan sudah mulai masuk tahap uji coba sebelum difungsikan. Uji coba yang dilakukan pada Senin (19/7/2021), dengan menggunakan lokomotif dan Kereta Rel Diesel (KRD) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan jalur rel serta kecepatan optimal kereta angkutannya.

KRD merupakan unit kereta api yang terdiri dari beberapa gerbong dan didukung oleh satu atau lebih mesin diesel on board (terpasang). KRD tersebut nantinya juga akan dipakai untuk m Kiengangkut penumpang dari dan menuju YIA. 

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1 Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Dheky Martin, mengatakan, Pada Senin (19/7/2021) telah dilakukan uji coba lokomotif dan uji coba KRD yang nantinya akan menjadi kereta api bandara YIA.

"Uji coba ini berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti. Hasilnya akan kita evaluasi," kata Dheky Martin, usai uji coba jalur KA bandara YIA, Senin (19/7/2021).

Dheky menjelaskan, dalam uji coba tersebut, lokomotif dipacu dengan kecepatan 20-40 km per jam, dan KRD berkisar 40-60 Km per jam. Kedua Kereta ini, melaju secara bergantian di jalur yang memiliki panjang 5 Km dan menghubungkan Stasiun Kedundang dengan stasiun Bandara YIA. 

"Selanjutnya masih dilakukan beberapa uji coba guna memastikan kelaikan jalur tersebut," ungkap Dheky.(hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00