Pemkab Bantul Kucurkan Bantuan Penanganan Covid-19

KBRN, Bantul : Kabupaten Bantul akan menyalurkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Covid-19 untuk seluruh kalurahan yang ada di wilayah tersebut. Bantuan ini total bernilai Rp 1,3 miliar rupiah dan dibagikan pada 75 Kalurahan.

Keputusan ini sesuai dengan Peraturan Bupati No. 55 tahun 2021 tentang BKK untuk pencegahan dan penanganan covid-19. Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berharap dengan bantuan ini bisa mempercepat proses penanganan covid-19 di level mikro.

“Bantuan ini senilai Rp 10 juta per kalurahan dan ditambah besaran dana yang disesuaikan jumlah penduduk,” urainya.

Namun, Bupati menyebut pemerintah tidak mungkin bergerak sendiri, karena anggaran pemerintah juga terbatas. Sehingga ia berharap ada berbagai pihak yang bisa turut berperan dalam mengatasi pandemic ini.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis berharap dari bantuan ini juga ada gotong royong dalam mengendalikan pandemi covid-19. Dana ini sendiri bisa digunakan untuk mendukung operasional dan pelaksanaan PPKM.

“Juga bisa dimanfaatkan oleh FPRB, kelompok jaga kampung RT dan RW, serta Linmas dalam bekerja,” jelasnya.

Lebih lanjut Helmi mengatakan, pihak Kalurahan diharap segera menyusun permohonan dan pencairan dana ke Panewu. Sehingga pihak Pemkab kemudian bisa segera menindaklanjuti dan menyalurkan bantuan tersebut. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00