FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Percepatan Vaksinasi di Yogyakarta Diharapkan Redam Gejolak Covid-19

KBRN, Yogyakarta: Pemda bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY menggelar kegiatan vaksinasi bagi 50.000 orang pelaku usaha dan UMKM yang dipusatkan di Gedung Jogja Expo Center. Vaksinasi ini telah dimulai Minggu (20/6/2021) lalu, dan diikuti ribuan orang setiap harinya.

Tim Apriyanto selaku Panitia Vaksinasi kepada awak media, Rabu (26/6/2021) siang, menuturkan percepatan vaksinasi itu diharapkan dapat mengendalikan angka pertumbuhan Covid-19 dan juga mewujudkan kekebalan komunal (herd immunity) di Yogyakarta.

“Untuk program kali ini, terdiri dari 80 persen karyawan dari dunia usaha, dari berbagai industri. Kemudian yang 20 persen berasal dari UMKM. Jadi, total jumlahnya kami rencanakan ada 40.000 orang karyawan dari berbagai industri, dan 10.000 orang dari UMKM,” tuturnya.

Antusiasme UMKM dan pelaku usaha untuk mengikuti vaksinasi terbilang sangat besar. Dari alokasi 50.000 dosis vaksin yang disiapkan, peserta yang mendaftar lebih dari kuota yang ada.

“Bahkan untuk kegiatan vaksinasi ini kami lakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 20-24 Juni, lalu gelombang yang kedua dilaksanakan 12-16 Juli 2021. Untuk masing-masing gelombang kami bagi targetnya masing-masing 25.000 sasaran (penerima vaksin),” ujar Apriyanto.

Ali, karyawan di salah satu pusat perbelanjaan mengaku mendapat pengalaman baru dari vaksinasi yang belum pernah diterimanya. Ia berharap, vaksin AstraZeneca yang disuntikkan dapat membentuk imunitas untuk melawan serangan Covid-19.

“Pengalaman baru sih, soalnya baru pertama juga. Semoga vaksin ini khasiatnya berdampak untuk kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Fikri Manalani, salah satu peserta vaksinasi berharap, percepatan program vaksinasi ini dapat merambah berbagai lapisan masyarakat sehingga dapat pandemi dapat segera terkendali.

“Harapannya semua sasaran bisa divaksin semua dan pandemi kita bisa cepat selesai. Saya juga berharap layanan kesehatan juga dapat ditingkatkan,” tutur dia.

Lonjakan kasus Covid-19 di Yogyakarta masih terus terjadi. Satgas Covid-19 tingkat DIY mendata rekor baru kasus terkonfirmasi positif pada Kamis 23 Juni 2021 dengan 694 kasus baru. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan di Yogyakarta pada 24 Maret tahun lalu. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00