Presiden Joko Widodo Resmikan Operasional KRL Jogja - Solo

Presiden Resmikan Operasional KRL Jogja Solo

KBRN, Yogyakarta : Presiden RI Joko Widodo meresmikan operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo, di Stasiun Tugu Yogyakarta (Tugu), Senin (1/3/2021).

Presiden tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta sekitar jam 10.30 WIB. Sebelumnya sekitar jam 09.28, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah terlebih dahulu hadir di stasiun Tugu Yogyakarta.

Dalam sambutannya pada peluncuran KRL Listrik di Stasiun Tugu Yogyakarta, Presiden berharap KRL menjadi solusi transportasi yang cepat, murah dan ramah lingkungan.

"Ini adalah transportasi massal yang ramah ligkungan. KRL ini lebih cepat dibanding prameks terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Kemudian dari sisi biaya, operasional juga jauh lebih murah 640 yang sebelumnya, sekarang jadi 290. Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali," jelas Presiden Joko Widodo di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin, (1/3/2021).

Jokowi juga menekankan keunggulan ramah lingkungan KRL. "Yang paling penting kereta listrik ini ramah lingkungan. Paling penting moda transportasi kita ke depan semuanya kereta transportasi massal ramah lingkungan. Juga kendaraan ke depan ramah lingkungan yaitu listrik," tambahnya.

Presiden juga berharap kereta rel listrik yang lebih murah cepat dan ramah lingkungan ini mampu mendongkrak pariwisata dan ekonomi.

"Bisa membantu mobilisasi orang maupun barang jogja solo dan solo ke jogja. Serta meningkatkan pariwista dan ekonomi kita," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyambut baik adanya KRL Jogja Solo.

"Para abonemen para penumpang yang bekerja bersekolah di solo jogja besar keberadaan pramek krl penting bagi masyarakat yg setiap hari sore mondarmandir jogja solo semoga saja pilihan krl menjadi pilihan baik bagi warga masyarakat dengan harapan tepat waktu krn akan kuliah dan bekerja dgn harapan demikian masyarakat dengan krl ini lebih baik dirasakan," katanya.

Meski ada peresmian KRL Jogja Solo oleh Presiden Joko Widodo, mobilitas kereta api dan masyarakat di Stasiun Tugu Yogyakarta berjalan normal seperti biasa.

Mobilitas masyarakat berjalan seperti biasa, hanya saja pengamanan dari petugas berupa pengecekan barang bawaan diperketat di setiap pintu masuk stasiun.Usai Peresmian, Presiden Jokowi bersama Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mencoba menaiki KRL dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Solo Jawa Tengah. (wur/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00