Vaksinasi Pedagang Beringharjo Disaksikan Langsung Presiden Jokowi

KBRN, Yogyakarta : Ratusan pedagang Pasar Beringharjo, Senin (1/3/2021) pagi, mendapat suntikan perdana vaksin Sinovac.

Mereka merupakan gelombang pertama dari total 5.750 pedagang Beringharjo yang akan mendapatkan vaksinasi.

Purwanti, pedagang los B yang berjualan pakaian wanita mengaku tidak merasakan sakit ketika menerima vaksin. Dirinya bahkan antusias disuntik vaksin Sinovac.

"Alhamdulillah, semoga nanti kebal virus Corona," katanya saat ditanya awak media.

Di sisi lain, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, vaksinasi bagi pedagang pasar tradisional ini merupakan bentuk komitmen pemerintah memulihkan perekonomian nasional.

"Tentunya ini untuk membentuk ketahanan kesehatan nasional kita, tapi ini juga dalam rangka pemulihan ekonomi nasional," ujar Budi yang mendampingi Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo sendiri langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi di Lantai 3 Pasar Beringharjo yang dulunya merupakan bekas supermarket tersebut.

Budi menuturkan presiden akan meninjau vaksinasi di tiga tempat selama di Yogyakarta.

"Untuk di sini akan dilakukan di tiga tempat, salah satunya di Pasar Beringharjo ini," tuturnya.

Menariknya, program vaksinasi bagi pedagang ini juga bertepatan dengan momentum Serangan Oemoem 1 Maret. Peristiwa bersejarah tentang perebutan Yogyakarta dari tangan kolonial Belanda di tahun 1949.

"Kita berharap vaksinasi pedagang Beringharjo selesai dalam empat atau enam hari ke depan," tandasnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan, vaksinasi tahap kedua ini diberikan sesuai arahan Presiden RI dengan target diberikan pada sekitar 16,9 juta tenaga publik. Sebab merekalah yang setiap hari beraktivitas dan bertemu masyarakat, termasuk para pedagang pasar sehingga rentan terpapar virus Covid-19. (ros/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00