Pahlawan Demokrasi Itu Telah Tiada

Suasana upacara pelepasan jenasah Almarhum Hendry Jovinsky

KBRN, Yogyakarta : Lantunan kalimat dzikir, terdengar dari dalam mobil ambulan warna hitam, saat berjalan perlahan pada Kamis (13/8/2020) pagi.

Dari pintu belakang yang dibiarkan terbuka, nampak sebuah peti warna putih berisi jasad Hendry Jovinsky. Keluarga almarhum yang duduk di sekitar peti, tak kuasa membendung linangan air mata.

Mereka hendak mengantar jenazah Hendry, Staff KPU Yahukimo Papua itu ke peristirahatan terakhirnya, berjarak 200 meter selatan rumah duka, di Sidokarto Godean Sleman Yogyakarta.

Mobil ambulan yang mengantarkan jenazah Hendry Jovinsky ke pemakaman

”Hendry jangan tinggalin mama, maafin mama ya nak ya, nggak bisa jaga kamu ya nak ya,” ucap Vivin Monica Nurdiana, yang tak berhenti menangis, saat duduk beralaskan tanah kuburan.

Ibu kandung Hendry itu terus berteriak memanggil nama anaknya, ketika peti jenazah mulai dimasukkan ke liang lahat. Saat itu, lima orang penggali kubur terus mengayunkan cangkul mereka, mengambil tanah kecoklatan untuk menimbun peti jenasah.

Kesedihan Vivin Monica Nurdiana, Ibu kandung Hendry yang menciumi makam anaknya

Ketua KPU RI Arif Budiman yang berdiri di sekitar pusara, merasakan duka mendalam atas kepergian almarhum, yang dibunuh orang tak dikenal dua hari lalu, saat menjalankan tugas di Yahukimo Papua.

”Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, hari ini keluarga besar KPU berduka, salah satu pahlawan demokrasi kita meninggalkan kita semua, ketika menjalankan tugas” kata Arif.

Ia pun berharap, peristiwa yang dialami Staff KPU Yahukimo Papua itu, terjadi untuk yang terakhir kalinya. Jangan sampai penyelenggara pemilu di seluruh Indonesia, mengalami hal serupa.

Semoga Husnul Khotimah

Sebelum jenazah Hendry dimakamkan, Bupati Sleman Sri Purnomo sebagai wakil keluarga dalam sebuah seremoni, ikut melepas jenazah dihadapan para pelayat yang memadati rumah duka.

”Mudah-mudahan atas doa bapak ibu semuanya, almarhum meninggal dalam keadaan Husnul Khotimah,” kata Bupati yang langsung dijawab amin secara serempak oleh seluruh pelayat.

Karangan bunga duka cita

Sebagai bentuk ungkapan bela sungkawa, jajaran KPU pusat dan daerah juga sejumlah pihak, mengirim karangan bunga duka cita, yang diletakkan berjajar di pinggir jalan sekitar rumah duka almarhum Hendry Jovinsky. (ws/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00