Kelompok Tani dan Nelayan Gunungkidul Ikuti Upacara di Alun-alun

KBRN, Gunungkidul: Ada pemandangan berbeda dalam upacara perayaaan Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi  Kemerdekaan RI  di Kabupaten Gunungkidul. Pasalnya Bupati Gunungkidul Sunaryanta, mengajak elemen masyarakat dalam upacara ini.

Tidak hanya unsur pemerintah, namun bupati mengundang petani, nelayan, organisasi masyarakat, kelompok kesenian pencak silat hingga Basarnas. Upacara bendera pun terasa istimewa dan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

“Kita ingin melibatkan semua unsur masyarakat agar mereka ikut merasakan upacara di Alun-alun ini,” kata Bupati Sunaryanta usai acara, Rabu (17/8/2022).

Kepala Bagian Protokol, Komunikasi Pimpinan dan Rumah Tangga, Setda Kab. Gunungkidul, Arkham Mashudi menjelaskan, konsep upacara HUT ke-77 proklamasi kemerdekaan RI tahun 2022 ini memang berbeda. Bupati meminta menghadirkan unsur masyarakat baik pedagang, petani, nelayan,dan kepemudaan.

“Perwakilan mereka (undangan) sebelumnya sudah kita libatkan dalam gladi bersih. Alhamdulillah upacara berjalan lancar,” terang Arham.

Sementara salah satu Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Panikem menuturkan, mendapat undangan peserta upacara HUT  ke-77 proklamasi kemerdekaan RI ini merupakan suatu kehormatan. Menurutnya mereka layak mendapatkan undangan karena ikut berjuang dalam mengisi kemerdekaan.

“Kita juga ikut berjuang dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan dimasyarakat. Semoga momentum ini (HUT ke-77 RI) dimanfaatkan oleh Bupati Gunungkidul dalam memperhatikan kesejahteraan petani,” katanya.

Upacara bendera peringatan HUT ke 77 proklamasi  kemerdekaan RI  Di Gunungkidul dimulai pukul 07.10 WIB. Hadir juga dalam acara tersebut Forkopimda, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Anggota DPRD Gunungkidul, Veteran dan tamu undangan lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar