ETLE In Hand Mulai Diterapkan di Gunungkidul, Polisi Tilang Puluhan Pelanggar

KBRN, Gunungkidul: Jajaran Satuan Lalu lintas Polres Gunungkidul telah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement in Hand sejak 1 Agustus lalu. Polisi lalu lintas ya g mendapati pelanggaran kasat mata pengguna jalan bisa langsung ditilang hanya dengan melampirkan bukti foto yang diupload ke dalam aplikasi. 

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Martinus Griavinto Sakti mengatakan, uji coba sudab dilakukan tahun 2021 lalu. Namun penggunaan Etle in hand sendiri baru dimulai awal Agustus lalu. 

"Jadi konsepnya kita menggunakan handphone dari Polantas yang kemudian dilaporkan ke back office dan konfirmasikan kepada pelanggar apakah benar kepemilikan kendaraan jika sudah terkonfirnasi baru kita proses," ujar Martinus, Jumat (12/08/2022). 

Martinus menambahkan, jika sudah terkonfirmasi baru akan diproses dan pelanggar bisa kemudian membayarkan denda pelanggaran melalui BRI Virtual Akun. Menurutnya, pelanggar di Gunungkidul dalam satu hari mencapai 6 hingga 8 pelanggar. 

"Sampai saat ini sekitar 80 pelanggar, rerata pelanggar tidak menggunakan helm melanggar rambu dan marka dan plat nomer yang mati," jelas dia. 

Martinus mengimbau masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas sebab dengan mematuhi rambu-rambu, risiko kecelakaan dapat diminimalisir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar