Mantan Mendikbud Era Soeharto Terharu Ingat Gatotkaca

Rombongan Prof Dr Wardiman Djojonegoro melihat koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Selasa (9/8/2022) siang, khususnya pesawat CN 250. (istimewa)

KBRN, Yogyakarta: Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Ing Wardiman Djojonegoro merasa terharu kala mengenang kembali salah satu mahakarya anak bangsa yaitu Pesawat N250.

Pesawat yang kini menghuni Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta itu merupakan bukti bangsa Indonesia mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain, khususnya dalam penguasaan teknologi kedirgantaraan. 

Pemindahan pesawat N250 dari PT Dirgantara Indonesia, dulu PT IPTN, ke Museum Dirgantara Mandala, menurut Wardiman, akan melanggengkan karya anak bangsa di bidang dirgantara.

Wardiman Djojonegoro pun mengaku mengetahui banyak informasi tentang pesawat yang dirancang oleh Presiden ke-5 Prof Dr BJ Habibie.

Mendikbud terakhir rezim Presiden Soeharto itu mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Selasa (9/8/2022) siang, untuk melihat Gatotkaca yang terpampang di depan museum.

"Penempatan Pesawat N250 di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat utamanya generasi penerus untuk turut membangun bangsa," ungkapnya. 

Melampaui zamannya

Kunjungan mantan Mendikbud itu diterima Kepala Museum Pusat TNI AU Kolonel Sus Yuto Nugroho di Mini Teater Muspusdirla. Kunjungan terkait peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasiona juga diikuti mantan Rektor Universitas Gajah Mada, Prof Dr Sofyan Effendi.

Wardiman yang memiliki darah Madura itu menambahkan pesawat N250 Gatotkaca merupakan mahakarya BJ Habibie dengan teknologi yang melampaui zamannya.

Selama di Muspusdirla, tokoh yang mempunyai andil besar dalam pengembangan Museum Nasional Indonesia ini memberikan apresiasi kepada Muspusdirla. Menurutnya koleksi yang dimiliki Museum Dirgantara Mandala sarat teknologi dan dapat menjadi sarana transfer teknologi antar generasi. 

Sedangkan Kolonel Sus Yuto Nugroho dalam sambutan penerimaan mengucapkan terima kasih, karena Prof Wardiman Djojonegoro mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. 

"Kunjungan Prof Wardiman Djojonegoro bersama rombongan merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi Muspusdirla," ucapnya. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar