Gelar Seni dan Budaya, Cara PDM Bantul Menyongsong Muktamar

PDM Kabupaten Bantul menyelenggarakan Gelar Seni dan Budaya, Minggu (7/8/2022) pagi, dalam rangka menyongsong Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48. (istimewa)

KBRN, Yogyakarta: Kegiatan dalam rangka songsong dan semarak Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul.

PDM Bantul menyelenggarakan Gelar Seni dan Budaya, 7-9 Agustus 2022, di Gedung Dakwah PDM Bantul. Ragam dan jenis seni serta budaya yang digelar seperti pameran lukisan anak, panggung puisi dan sastra, peluncuran antologi puisi serta dialog seni dan budaya. 

Bertempat di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul, Minggu (7/8/2022) pagi, kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08:00 WIB dibuka dengan Gelar Seni Budaya & Pameran yang diikuti oleh 150 peserta dari PAUD dan TK se-Bantul dan dibuka oleh Ketua PDM Kabupaten Bantul Drs H Sahari. 

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan seni angklung dari TK ABA Mardi Putra Bantul. Selang enam jam kemudian diikuti dengan penampilan Tim Keroncong LSBO PDM Bantul.

Selanjutnya ada pembacaan puisi oleh budayawan dan seniman Muhammadiyah serta dilanjutkan dengan launching buku Mentari Mencerahkan Semesta karya Drs H Sahari, Agus Amarulloh, MA, dr Eni dan Dra Dedi Wijayanti. 

Dakwah budaya

Dalam kesempatan tersebut Dr KRT Akhir Lusono, MSN, sebagai Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (LSBO PWM) DIY melakukan launching buku dengan membacakan salah satu puisi dalam buku tersebut. 

Acara dihadiri oleh Mu Daim Raharjo (Pengurus Cabang NU Bantul tahun 1970 – 1980) ,  Prof Dr Totok EKo Suharto (Ilmuwan Kimia), Suprihatin Guru SMP  juara penulisan novel tingkat nasional.

Menurut Sahari As-Salamy, Ketua PDM Bantul, seni dan budaya merupakan salah satu pilihan jalan dakwah Muhammadiyah di tengah masyarakat yang majemuk.

"Melalui seni dan budaya maka masyarakat diharapkan mudah memahami nilai-nilai agama dan kemanusiaan. PDM Bantul berkomitmen melalui LSBO PDM Bantul akan terus menggiatkan syiar dakwah agama melalui jalur seni dan budaya," katanya, Minggu siang.

Sebagai acara pamungkas kegiatan seni dan budaya maka pada Senin (8/8/2022) diselenggarakan dialog seni dan budaya dengan mengundang Ketua Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muh Prof Dr Syamsul Anwar sebagai narasumber. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar