Demi Indonesia Maju, Konsepsi Tri Sakti Bung Karno Perlu Diterapkan

KBRN, Wonosobo: Memperingati bulan Bung Karno, sejumlah kegiatan digelar Dewan Kesenian Daerah (DKD) dan Pemkab Wonosobo. Di antaranya pergelaran musik bertajuk Bhineka Music Fest yang berlangsung, Minggu (26/6/2022) kemarin, di Alun-alun Wonosobo. 

Ketua DKD Wonosobo, Eka Gunadi, ketika pembukaan Bhineka Music Fest menuturkan, presiden pertama RI, Ir Soekarno, memiliki konsep hebat untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju. 

Konsep tersebut populer dengan Trisakti Bung Karno yang menyatakan Indonesia harus berdaulat secara politik; Indonesia mandiri secara ekonomi; Indonesia yang berkepribadian secara sosial budaya. 

"Jadi kalau kita mau gotong royong mbangun Wonosobo lewat Trisakti Bung Karno, saya yakin Wonosobo ini akan maju," ujar Eka Gunadi. 

Gelorakan gotong royong 

Pria yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Wonosobo itu mengingatkan bulan Juni momentum spesial karena bulan bersejarah yang identik dengan Bapak Proklamator RI, Soekarno. 

Presiden pertama RI itu lahir pada 6 Juni dan wafat 21 Juni. Soekarno juga mencetuskan Pancasila pada 1 Juni. 

"Lewat bulan Bung Karno ini, saya ingin menggelorakan lagi semangat gotong royong untuk bersama-sama menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara," tutur Eka pada acara yang berlangsung sejak Minggu siang di Alun-alun Wonosobo.

Majukan budaya

Sementara itu, Bupati Wonosobo, H Afif Nurhidayat, di hadapan ratusan massa yang hadir menegaskan, bangsa yang besar juga harus memperhatikan dan memajukan seni dan budaya. 

Sesuai dengan konsep Trisakti Bung Karno, hasil cipta karya manusia, termasuk seniman dan budayawan Wonosobo harus terus didukung. Sebab itu, Afif menyatakan, Pemkab Wonosobo mendukung acara Bhineka Music Fest. 

"Ingat, salah satu konsep Trisakti yaitu bermartabat dan berkepribadian dalam berbudaya. Sedangkan seniman sendiri adalah representasi budaya masyarakat Indonesia," terangnya.

Afif mendukung penuh kegiatan atau event kesenian yang bercirikan Pancasila dan kebhinekaan. 

"Dengan kegiatan seperti ini maka tumbuh kembang nilai-nilai Pancasila di masyarakat akan membentuk juga seni yang mengangkat martabat dan pribadi bangsa Indonesia," tandasnya.

Bhineka Music Fest bersama Komunitas Rock Harmoni Religius dan Palang Merah Indonesia (PMI). Acara berlangsung meriah dengan penampilan band dan juga atraksi kesenian. (*) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar