Peringati Hari Jadi, Kalurahan Sindumartani Keluarkan Tiga Gunungan

KBRN, Yogyakarta : Masyarakat Kalurahan Sindumartani Ngemplak Sleman, begitu antusias rebutan gunungan, dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Jadi ke-76 kalurahan tersebut di Lapangan Kentingan, Jumat (20/5/2022).

Dalam kegiatan itu, ada tiga gunungan dari hasil bumi yang diperebutkan warga. Hal itu mencerminkan, jika dahulu kala Sindumartani terdiri dari tiga kalurahan lama, yaitu Pencarsari, Johosari dan Jambusari.

Sebelum gunungan diperebutkan, acara diawali dengan Kirab Bregodo. Sedangkan total peserta di acara ini sebanyak 1200 orang dari 11 Padukuhan di wilayah Sindumartani.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberikan sambutan di prosesi upacara menyampaikan, jika wilayah Sindumartani punya potensi besar dalam bidang pertanian dan hortikultura.

"Sehingga perlu dikembangkan untuk menjaga ketahanan pangan di Sleman," kata Bupati.

Lebih lanjut, Kustini juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kalurahan Sindumartani, untuk gumregah dan bergotong royong sesarengan mbangun Sleman.

Melalui usaha Bersama, ia yakin dapat mewujudkan visi Kabupaten Sleman sebagai rumah bersama bagi seluruh lapisan masyarakat. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar