Masyarakat Semakin Abai Prokes Saat Berwisata

KBRN, Gunungkidul: Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat pada bulan ini Minggu (23/01/2022) terdapat 265.640 wisatawan mengunjungi Pantai Selatan. Namun begitu, kepatuhan protokol kesehatan para wisatawan semakin mengendor. 

Koordinator SAR Linmas Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengatakan, saat ini kondisi Pantai Selatan cukup ramai, namun begitu, kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan sudah semakin mengendor dan cenderung abai. Pihaknya sebetulnya sudah secara intens mengingatkan para wisatawan untuk menjaga jarak dan tetap menggunakan masker saat berada di Pantai Selatan. 

"Kami ingatkan baik melalui pengeras suara maupun menegur langsung dengan patroli tapi mereka menyanggah dengan alasan karena mainan di air mosok pake masker," jelas Marjono. 

Marjono mengatakan, selama pandemi dan lokasi wisata dibuka sedikitnya ada 80.000 masker yang sudah dibagikan kepada wisatawan. Hal ini untuk mencegah penularan covid19 di lokasi wisata khususnya pantai. 

"Untuk sanksi tidak seperti di awal covid19, sekarang cuma mengingatkan," jelasnya. 

Terpisah Kepala Satpol PP Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, sedikitnya ada 99 anggota SAR Linmas yang bertugas di pantai. Mereka diminta untuk melakukan pengamanan dan imbauan terhadap protokol kesehatan. 

"Memang tidak ada lagi sanski, pendekatan kita di informasi dan edukasi," tandas Edy. (ulf/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar