RRI dan Pemda DIY Sepakat Pererat Kemitraan Strategis

KBRN, Yogyakarta: Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Yogyakarta melakukan audiensi ke Pemda DIY pada Selasa (18/1/2022) siang. Audiensi yang dipimpin oleh Kepala LPP RRI Yogyakarta Danang Prabowo bertujuan untuk silaturahmi dan memperat kerja sama strategis di antara kedua belah pihak.

Rombongan RRI diterima Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta dalam suasana yang penuh keakraban. Danang Prabowo dalam kesempatan tersebut menyebutkan, RRI Yogyakarta tetap berkomitmen untuk menyiarkan siaran yang berkualitas, termasuk di antaranya siaran-siaran budaya yang berciri khas Yogyakarta.

“Kami punya acara-acara budaya yang itu bagian dari keistimewaan Yogyakarta. Ketoprak masih jalan, sandiwara yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah juga masih ada,” ujar Danang.

Tak hanya itu saja, RRI Yogyakarta juga siap mendukung penuh program-program Pemda DIY, termasuk di antaranya yang bertalian dengan keistimewaan Yogyakarta.

“Nah ini, mungkin bisa disisipi dengan konten-konten yang isinya informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana sih keistimewaan Yogyakarta,” terangnya.

Sementara itu, Atang Basuki selaku Kabid Siaran RRI Yogyakarta juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap budaya Jawa yang adiluhung, perlu terjalin sinergi yang semakin baik antara RRI dan Pemda DIY dalam memproduksi ragam siaran dan konten budaya.

“Yogya sebagai kota yang terbuka, mau tidak mau, dari etnis mana pun masuk. Tapi kita punya harapan, balutan budaya Yogyakarta itu tetap mewarnai dalam kehidupan, khususnya untuk generasi muda,” jelasnya.

RRI Yogyakarta, ujar Atang Basuki, siap untuk menjalin kemitraan strategis dengan Pemda DIY serta meningkatkan kerja sama yang telah terjalin selama ini.

“Kami ingin terlibat untuk dapat melakukan entah itu sosialisasi atau edukasi, atau dalam bentuk apapun entah itu melalui Dinas Kebudayaan atau dinas yang lain. Tentu ujungnya, kita berharap dapat mengembalikan marwah Yogyakarta menjadi pelestari budaya yang wah lagi,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kadarmanta Baskara Aji menyambut baik inisiatif RRI Yogyakarta untuk turut mengembangkan dan melestarikan siaran budaya ataupun mendukung berbagai program Pemda DIY. Sekda pun menegaskan, siap melanjutkan kerja sama yang terjalin selama ini.

“Ini tentunya akan kita teruskan, dan kalau memang ada ide untuk menyelenggarakan agenda yang khusus, monggo diberi nama apa, saya kira tak hanya soal keistimewaan. Saya kira tidak hanya informasi, kalau perlu diperbanyak hiburan,” ungkapnya.

LPP RRI Yogyakarta secara konsisten menyiarkan siaran budaya, meski pun dalam kondisi pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya pagelaran wayang Sabtu malam pekan kedua, dan juga siaran ketoprak setiap satu bulan sekali. (ros/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar