Halim Belum Bisa Berkomentar Terkait Putusan MA

KBRN, Bandung : Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan dari mantan Bupati Bantul, Idham Samawi terkait pengembalian dana hibah Persiba sebesar Rp11,6 miliar ke kas daerah pada tahun 2014 lalu. Namun, belum ada kejelasan maksud pengabulan MA terhadap perkara dengan nomor register 3397K/PDT/2021 itu.

Dalam putusan itu pemohon yakni Mohammad Idham Samawi dan termohon Bupati Kabupaten Bantul. Perkara ini diputus pada tanggal 23 November lalu. Bupati Bantul yang saat ini menjabat, Abdul Halim Muslih mengaku telah mendapat kabar dari berbagai pihak terkait dengan putusan tersebut. Namun, ia tak bisa berkomentar lebih lanjut karena belum mengetahui detail putusan itu.

“Saya hanya menerima berita bahwa gugatan Pak Idham dikabulkan, lha dikabulkan itu artinya apa? Artinya bahwa, satu gugatan Pak Idham itu diproses itu juga namanya dikabulkan, tapi keputusannya seperti apa. Kedua, dikabulkan boleh jadi keputusan MA menguatkan keputusan pengadilan sebelumnya. Itu juga mungkin,” ujarnya di sela-sela kunjungan kerja di Bandung pada Jumat (26/11/2021).

Sehingga saat ini, Halim mengaku masih akan menanti salinan keputusan tersebut dalam beberapa hari kedepan. Namun, ia memastikan Pemkab Bantul akan taat pada aturan hukum yang berlaku.

“Tapi prinsipnya Pemkab taat hukum taat keputusan pengadilan, apa keputusan pengadilan itu kita lawan kan ngga mungkin,” lanjutnya.

Sebelumnya, Idham Samawi menggugat Pemkab Bantul terkait pengembalian dana hibah Persiba sebesar Rp 11,6 miliar ke kas daerah pada 2014 lalu. Idham mengajukan gugatan karena menyebut uang tersebut sebagai haknya setelah kasus yang menjeratnya mendapat SP3 dari Kejati DIY. Namun, kasus tersebut ditolak oleh Pengadilan Negeri Bantul pada 2014 lalu dan dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi DIY pada Maret 2021 lalu. (dev).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar