FPRB Bantul Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

KBRN, Bantul : Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Bantul menggelar aksi yang unik pada Rabu (23/6/2021) pagi. Bertempat di Taman Paseban Bantul, mereka memasang masker pada patung Jatilan yang ada di lokasi itu.

Koordinator lapangan yang juga ketua FPRB Bantul, Waljito mengatakan aksi ini merupakan simbol untuk mengajak masyarakat dan mengingatkan mereka agar senantiasa waspada dan tidak lengah. Utamanya dalam mencegah penyebaran covid-19 dengan menegakkan protokol kesehatan.

“Kalau sekarang merebak itu salah satu indikasi euphoria vaksin. Setelah vaksin merasa kebal, padahal dia bisa jadi OTG,” jelasnya.

Penggunaan masker menurut Walijto menjadi salah satu benteng pencegahan karena vaksinasi tidak cukup. Begitu juga protokol kesehatan lainnya harus ditegakkan utamanya di tempat keramaian. Namun, pemerintah menurutnya juga harus tegas dalam menindak pelanggaran PPKM Mikro. Di dalam Satgas penanganan covid-19 milik pemerintah menurutnya ada bagian penegakan hukum yang bisa memberikan penindakan bagi pelanggar.

“Kemudian dengan PPKM Mikro ini juga tidak patuh, sehingga harus ada penegakan yang lebih bisa benar-benar dilakukan secara hukum terkait mobilisasi masyarakat. Tapi yang penting masyarakat harus sadar tentang prokes terutama di tempat-tempat keramaian,” tegasnya.

Selain memasang masker pada patung, FPRB juga membagikan masker kepada para pengguna jalan yang ada di simpang empat Paseban. Sementara itu data dari Pemkab Bantul menunjukkan 2.757 kasus aktif covid-19.

Data ini naik dibandingkan hari sebelumnya yang ada di kisaran 2.600 orang. Begitu juga angka penambahan kasusnya naik dari 250 di hari Senin, menjadi 315 pada hari Selasa. (dev-yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00