FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kawal Percepatan Vaksinasi, Asa Meredam Lonjakan Corona

KBRN, Yogyakarta: Lonjakan kasus yang terjadi beberapa hari terakhir, membuat Satgas Covid-19 melakukan respons, demi menyikapi kondisi terkini. Data terakhir, Satgas Covid-19 tingkat DIY melaporkan ada penambahan 675 kasus baru, Selasa (22/6/2021) sore. Angka itu merupakan rekor baru sejak pandemi melanda DIY bulan Maret tahun lalu.

Akibat kondisi terkini, Polda DIY tampak begitu serius dalam mendukung dan mengawal program pemerintah dalam hal percepatan vaksinasi. Ini dibuktikan dengan kehadiran orang nomor dua Polda DIY di Hartono Mall Yogyakarta pada Selasa siang untuk meninjau penyuntikan vaksin Covid-19.

Sehari sebelumnya, Senin (21/6/2021) pagi, Kapolda Irjen Polisi Asep Suhendar dengan didampingi manajemen Hartono Mall membuka kegiatan vaksinasi di pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta tersebut. 

Sedangkan pada Selasa siang, Wakapolda Brigjen Polisi R Slamet Santoso SH SIK, hadir dengan didampingi sejumlah pejabat utama Polda DIY meninjau secara langsung hari kedua vaksinasi yang ditujukan kepada karyawan mal dan petuga pelayanan publik. 

Dalam kunjungannya tersebut, mantan Kapolresta Yogyakarta itu mengatakan salah satu upaya Polri menurunkan angka pandemi dan meningkatkan herd immunity adalah dengan melaksanakan percepatan kegiatan vaksinasi.

"Mudah-mudahan dengan sudah tervaksinnya para pelayan publik yang ada Hartono Mall ini, dan ini akan diikuti di (pusat perbelanjaan) seluruh Yogyakarta, imunitas tubuh dari masyarakat Yogyakarta pada umumnya, bisa meningkat sehingga ekonomi juga bisa berjalan dengan baik," ujarnya kepada media.

Slamet Santoso menegaskan meski masyarakat sudah tervaksinasi, dirinya mengimbau agar dalam aktivitas sehari-hari harus tetap menggunakan protokol kesehatan dengan 5M dan 3T.

"Ingat (prokes) itu tidak boleh lupa karena vaksinasi itu bukan obat," ungkap pria asli Yogyakarta ini.

Hartono Mall Yogyakarta, dengan bantuan pemerintah, menyediakan 2.000 dosis vaksin AstraZeneca yang ditujukan bagi karyawan di seluruh tenant dan petugas pelayanan publik yang ada di mal tersebut. Sementara itu, Polda DIY, lewat Biddokes, membantu tenaga vaksinator selama kegiatan vaksinasi yang dimulai 21-24 Juni 2021. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00