Wisata ke Gunungkidul Wajib Ikuti Prokes Ketat

Wisatawan Mendapatkan Pengecelan Prokes. Foto Cendil Dispar GK
Wisatawan Mendapatkan Pengecelan Prokes. Foto Cendil Dispar GK

KBRN, Gunungkidul: Destinasi Wisata di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tetap dibuka selama masa libur Lebaran 2021, Namun Wisatawan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti menerangkan, tidak ada syarat khusus yang diterapkan untuk bisa menikmati destinasi wisata di bumi Handayani. 

Namun wisatawan akan mendapatkan pengecekan protokol kesehatan yang ketat saat mereka berada di pos pemungutan retribusi (TPR). 

"Pengukuran suhu, pengecekan penggunaan masker akan kita berlakukan secara ketat," terang Asti kepada rri.co.id, Jumat (14/5/2021).

Pihaknya juga menerangkan, dalam libur lebaran yang dimulai tanggal 14-17 Mei 2021 sebanyak 349 petugas diterjunkan untuk melaksanakan prokes disejumlah destinasi wisata.

"Saat berada didestinasi wisata, petugas juga akan memberikan himbauan agar mereka tidak lupa menerapkan protokol kesehatan," terang Asti.

Dinas Pariwisata Gunungkidul menargetkan 108.916 kunjungan saat libur Lebaran kali ini. Target ini dipengaruhi adanya kebijakan larangan mudik yang dibuat Pemerintah Pusat.

Asti optimistis target kunjungan pada liburan tahun ini bisa tercapai. Selain mengandalkan pengunjung asli Gunungkidul, juga berharap kunjungan dari wilayah Jawa Tengah.

"Pandemi Covid-19 masih memberikan pengaruh. Terlebih lagi, untuk saat ini juga ada larangan mudik," katanya.

Sebanyak 349 petugas yang dilibatkan meliputi petugas dari kepolsiam, kodim 0730, Dispar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, PMI, Senkom serta Kalurahan sebagai pemilik destinasi wisata. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00