Coklat Makaryo, Produk Lokal Kulon Progo dengan Berbagai Varian Rasa

KBRN, Kulon Progo : Kabupaten Kulon Progo memiliki potensi produk lokal yang besar dan beragam, salah satunya adalah cokelat dan gula semut. Gula semut khas Kulon Progo yaitu gula merah versi kristal yang umumnya dicampuri dengan rempah-rempah seperti temulawak, jahe, bahkan mengkudu.

Ternyata, kedua produk ini bisa dikombinasikan sehingga menghasilkan olahan yang enak dan memiliki cita rasa tinggi. Fachri Yusufi Maulidani, (24), adalah sosok yang mengkombinasikan keduanya. Melalui usaha keluarga yang dimulai sejak 2018, yaitu Cokelat Makaryo, dia berupaya memperkenalkan cita rasa lokal Kulon Progo yaitu cokelat gula semut yang dapat diterima semua kalangan.

Fachri menjelaskan, dirinya ingin produk cokelat buatannya memakai bahan baku lokal dengan kualitas terbaik. Karena itulah, untuk campuran, dipilihlah gula semut Sumber Rejeki di Kapanewon Kokap. Gula semut dari sana, dinilai termasuk yang paling enak, karena gula ada tambahan rempah-rempah.

"Jadi tinggal minta aja, misal dikurangi atau ditambah rasa jahenya," ucap Fachri, di Kulon Progo, Selasa (19/1/2021). 

Fachri menjelaskan, di Cokelat Makaryo tersedia beragam varian rasa mulai dari milk chocolate, dark chocolate, green tea, stroberi, cranberi, serta varian white chocolate. Adapun ukuran kemasan coklat Makaryo pun beragam, mulai dari 25 gram hingga 80 gram. Ragam varian rasa ini, karena permintaan pasar yang menginginkan cokelat dengan berbagai varian rasa.

"Semula saya hanya memproduksi dua varian, yaitu dark chocolate dan milk chocate. Nah begitu masuk toko oleh-oleh, permintaan variasi rasa juga ikut meningkat," ungkapnya.

Sekarang, produk Cokelat Makaryo sudah terdistribusi melalui berbagai toko oleh-oleh, swalayan di DIY, serta masuk di Galeri UMKM Yogyakarta International Airport. Agar lebih laku terjual, promosi melalui media sosial @cokelatmakaryo juga digencarkan untuk menjangkaunya pasar luar DIY. Adapun harga yang ditetapkan setiap batang cokelat mulai dari Rp6 ribu hingga Rp38 ribu.

Fachri menambahkan, melalui Cokelat Makaryo, dirinya ingin memperkenalkan Kulon Progo melalui produk cokelat yang disukai banyak kalangan. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00