Dukung Pemasaran Produk UKM, Kecamatan Kalasan Operasikan "Warung On Line"

Bupati Sleman Resmikan Warung Kalasan

KBRN,Sleman : Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan peluncuran Warung Kalasan di Pendopo Kantor Kecamatan Kalasan, Rabu (5/8/2020). Warung Kalasan yang merupakan warung berbasis online diresmikan secara simbolis  ditandai pemukulan gong oleh Bupati Sleman.

Ketua Forkom UMKM Kecamatan Kalasan, Marsono Budi Raharjo mengatakan peluncuran warung Kalasan merupakan sarana promosi berbasis online (www.warungkalasan.com) .  Kehadiran Warung On Line ini juga sebagai  salah satu upaya  memberikan solusi bagi  UMKM di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Adanya pandemi sejak bulan Maret, seluruh aspek ekonomi terutama UMKM banyak yang terpuruk. Maka dari itu kami dari Forkom mencoba membantu memberikan solusi agar UMKM tetap berjalan dengan baik dan kami mencoba meluncurkan warung kalasan secara online.” Katanya.

Marsono juga berharap  keberadaan  warung on line   ini juga  dapat berperan  dalam memperkenalkan dan memasarkan produk UMKM di wilayah Kalasan sehingga pendapatan masyarakat meningkat.

Adapun jumlah UMKM yang masuk dalam pemasaran warung kalasan tersebut berjumlah 81 UMKM dan terdiri dari 87 produk. Seluruh produk dan anggota UMKM tersebut sebelumnya juga telah dilakukan kurasi dengan tolok ukur kelengkapan administrasi seperti surat izin usaha mikro kecil dan BPOM.

Sementara  Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan apresiasinya atas peluncuran warung Kalasan berbasis online.  Sri Purnomo menilai adanya warung Kalasan  sebagai upaya nyata  mendukung pengembangan ekonomi mikro .

“Keberadaan warung  yang notabene beranggota  UMKM diharapakan dapat mendukung dan mempercepat bangkit dan berkembangnya UMKM di Kalasan, apalagi  di tengah pandemi Covid-19  usaha kecil menengah sangat memerlukan dukungan pemasaran sehingga dengan  perkembangan teknologi dapat menjangkau pasaran yang lebih luas ."  harapnya.

Menurut Sri Purnomo, pemberdayakan UMKM sebagai  rantai ekonomi masyarakat merupakan upaya yang sangat mendesak dan vital untuk dilakukan.  Pasalnya, wabah Covid-19 saat ini memberikan dampak yang cukup berat  terhadap usaha keci milik masyarakat.

“Saya berharap agar keberadaan warung on line Kalasan imampu memberikan manfaat yang positif dan maksimal bagi pengembangan UMKM dan masyarakat di Kecamatan Kalasan,”  pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00