Dekranasda Sleman Siap Bangkitkan Ekonomi Industri Kecil Menengah

Bupati Sleman Pre Launching Gedung Dekranasda

KBRN, Sleman : Pandemi Covid-19 membuat sektor ekonomi menghadapi sejumlah persoalan. Banyak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan, baik dari penjualan maupun produksi di tengah pandemi Covid-19 . Karena itu Pemerintah Kabupaten dalam rangka memulihkan perekonomian UMKM, direalisasikan melalui pre-launching Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman pada ,Rabu, (29/7) lalu.   

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, keberadaan  gedung Dekranasda Kabupaten Sleman yang telah dibangun pada 2019 dan disempurnakan tahun 2020 ini ditujukan untuk mengoptimalkan peran dan program Dekranasda Sleman  dalam mempromosikan produk kerajinan dan Industri Kecil Menengah (IKM).

“Pemerintah Kabupaten Sleman sangat serius untuk mempromosikan produk-produk kerajinan dan Industri Kecil Menengah (IKM) Sleman kepada masyarakat domestik maupun internasional,” ujarnya.

Menurut Sri Purnomo, pre-Launching Gedung Dekranasda Sleman dilakukan bersamaan  pembukaan pameran mebel, kerajinan dan batik tahun 2020 ini merupakan strategi dan juga bentuk sinergitas antara Pemerintah dan juga para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam upaya untuk  mempercepat kebangkitan para pelaku IKM Sleman di era adaptasi kebiasaan baru ini.

Sementara  Ketua Dekranasda Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, Gedung Dekranasda tersebut nantinya akan menjadi wadah untuk memaksimalkan pengembangan hasil produksi kerajinan khususnya di lingkungan wilayah kabupaten dan kerajinan nasional.   

Kustini juga menuturkan untuk menunjang promosi produk kerajinan  Dekranasda Sleman menggelar pameran virtual dimana produk yang ada di Gedung Dekranasda tersebut  dapat melakukan transaksi secara online.   

Pre-launching Gedung Dekranasda dan pembukaan pameran,  mendapatkan apresiasi dari Wakil Ketua Dekranasda DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.    Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X menyatakan bahwa Pre-launching Gedung Dekranasda dan pembukaan pameran yang diselenggarakan oleh Dekranasda merupakan suatu komitmen dalam upaya meningkatkan perkembangan kerajinan di Sleman dan DIY.

Menurut Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X, pandemi yang telah menyebabkan melambatnya perkembangan ekonomi bagi  sebagian orang hendaknya dapat  menjadi motivasi dalam berkreasi.  

“Terlebih  Pemerintah juga telah memberikan sarana yang dapat dimanfaatkan untuk promosi dan pengembangan kerajinan. “ pungkasnya. (koes/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00