Kaum Perempuan Gunungkidul Manfatkan Transaksi COD

KBRN, Gunungkidul : Kaum perempuan di Kabupaten Gunungkidul kini mulai banyak memanfaatkan jasa online dalam proses jual beli atau perdagangan.

Aktifitas para pedagang online Gunungkidul  yang didominasi para perempuan itu, kini telah terfasilitasi dengan satu lokasi yang menjadi sentral  bertransaksi  cahs on delivery (COD)

Mengambil lokasi di bekas terminal Gunungkidul yang dijadikan sebagai lokasi sentral  dengan diberi nama ‘Konco COD Gunungkidul’ dan diresmikan oleh Bupati H. Sunaryanta, Jumat (24/9/2021).

“Tujuan  dibentuknya Konco COD Gunungkidul ini untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, mengembangkan relasi bagi pelaku usaha  di masyarakat dan menjadi mitra pemerintah,” terang Berlita Febriana Putri, Ketua COD Gunungkidul, sekaligus pemilik lahan yang secara sukarela dijadikan tempat berkumpulnya para pedagang COD.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kelik Yuniantoro, S.Sos,MM mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pembinaan dari pemerintah, agar para pelaku ekonomi COD dapat lebih terkordinir dan melaksanakan kegiatan ekonomi dengan menerapkan beberapa aturan yang harus di sepakati.

Di sisi lain, Bupati Gunungkidul Sunaryanta merasa yakin komunitas akan menjadi besar meskipun pasar digital di Gunungkidul juga akan tumbuh. Dengan adanya COD ini merupakan sebuah terobosan dan inovasi akan banyak yang bergabung.

Menurutnya, pasar semi digital ini semakin lama akan di minati masyarakat dan menumbuhkan ekonomi di Gunungkidul. Sistem transaksi dagang COD saat ini menjadi tren yang diminati masyarakat.

"Sebagai awal  kita lihat perkbanganya, jika bagus tidak menutup kemungkinan akan di linkan dengan pemerintah," kata bupati.

Acara peresmian ditandai dengan penandatangan piagam  oleh Bupati serta pemukulan gong dan pengguntingan buntalan pita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00