Jelang Idul Fitri, Harga Sapi di Pasar Hewan Prambanan Naik

KBRN, Klaten : Mendekati Hari Raya Idhul Fitri 1442 Hijriah, harga sapi di Pasar Hewan Prambanan mengalami kenaikan antara Rp500 ribu hingga satu juta per ekor.

Petugas Teknis Peternakan Dinas Pertanian Klaten Margito mengatakan, untuk harga sapi mulai sudah mulai ada kenaikan dibandingkan dengan hari biasanya.

“Sapi yang gemuk mulai siap sembelih  ada kenaikan, dari semula Rp17 juta menjadi Rp17 juta 500 hingga Rp18 juta per ekornya,“ kata Margito kepada RRI, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut Margito mengatakan, meski harga sedikit naik, namun untuk jumlah sapi yang masuk di Pasar Hewan Prambanan Klaten ada penurunan dibanding sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Untuk pasaran Legi, sapi yang masuk sekitar 150 hingga 190 ekor. Kalau pasaran Pon 250 hingga 300 ekor. Sedangkan kalau sebelum corona, pasaran Legi 200 ekor dan pasaran PON bisa mencapai sekitar 350 ekor,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu Pedagang sapi di pasar Hewan Prambanan, Pramono 58 tahun asal Desa Solodiran Manisrenggo Klaten mengakui adanya kenaikan harga sapi, yakni Rp1 juta juta per ekor.

Di sisi lain, Lurah pasar Hewan Prambanan Klaten, Langgeng Sudiyatmoko menyatakan, mengingat masih dalam massa pandemi covid-19, para pedagang maupun pengunjung Pasar Hewan Prambanan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun yang sudah disediakan, dan memakai masker. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00