Desa Kemudo Klaten Dirikan Toko Desa ‘Kamajaya Mart’ untuk Tampung Produk UMKM

KBRN, Klaten : Guna menampung hasil-hasil produk UMKM, Pemerintah  Desa Kemudo Kabupaten Klaten kreatif mendirikan sebuah toko yang dikhususnya untuk menjual hasil produk UMKM di  Desa Kemudo.

“Kreatifivitas warga kemudo ini menjadi inspirasi bagi warga yang lainnya, Kades yang lain  diharapkan mampu memberikan motivasi seperti ini agar warganya maju seperti di Kemudo,“ kata Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya dalam acara Peresmian toko Desa Kamajaya Mart di Desa Kemudo, Prambanan Klaten, Jumat (30/4/2021).

Dengan adanya toko ini, lanjut Yoga, perekonomian di Kabupaten Klaten diharapkan bisa bangkit, bisa bergerak sehingga pengangguran bisa menurun.

Yoga megatakan, desa wisata lain bisa membuat toko seperti di Desa Kemudo dengan harapan Desa Kemudo   bisa menjadi inspirasi desa-desa yang lain khususnya desa yang tidak memiliki desa wisata dan bisa menampung tenaga kerja dari lingkungan sekitar.

Sementara itu Kepala Desa Kemudo, Hermawan Kristanto S,Sos mengatakan,  pembukaan toko desa dengan nama Kamajaya Mart ini merupakan  salah satu pengembangan dari unit usaha di Kemudo yang sudah berdiri sejak tahun 2016.

“Ide dari toko desa ini sebenarnya dari musyawarah desa, namun berawal dari kita didampingi oleh PT Sari Husada SGM kita mendapatkan pelatihan dalam pengembangakan bisnis Bumdes. Dengan sinkron dari pengembangan bisnis itu kita coba memetakan apa bisnis yang bisa kita kembangkan di desa kemudo,” tuturnya.

Pembangunan toko ini di atas tanah desa seluas 2000 meter persegi. Yang membedakan dengan ritel yang lain adalah pertama mengutamakan UMKM. Dari PKK  mencoba mendampingi, karyawan adalah warga lokal Kemudo.

“Sedangkan UMKM yang sudah masuk  ada kripik, kue, dan banyak ada 32 umkm.  Yang ingin masuk ke toko Desa  Kamajaya Mart, syaratnya harus memiliki surat izin bort, untuk Pembanguanan toko desa Kamajaya Mart menghabiskan dana Rp950 juta  itu sudah pembangunan fisik dan untuk isi rak isi toko,” pungkasnya. (yon/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar