Pemkab Kulon Progo Komitmen Lindungi Pekerja

KBRN, Kulon Progo : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Kantor cabang Yogyakarta, sepakat menjalin kerjasama dengan Pemkab Kulon Progo. MoU tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama di ruang Sermo, kompleks Pemkab Kulon Progo, Selasa (19/1/2021).

Penandatanganan ini bertujuan untuk memberikan jaminan sosial dan perlindungan ekonomi pada pekerja. Selain itu sebagai wujud dari komitmen Pemerintah dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat pekerja, serta mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan dan perlindungan ketenagakerjaan.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan, nota kesepakatan tersebut merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepakatan antara Pemerintah DIY dengan BPJS Ketenagakerjaan pada akhir tahun lalu. 

Sutedjo menjelaskan, ada beberapa harapan terkait nota kesepakatan tersebut. Pertama perlindungan dan kesejahteraan seluruh pekerja di Kulon Progo dapat terwujud. Kedua, yaitu menambah harmonisasi hubungan kerja dan memperkuat mitra kerja antara Pemkab  Kulon Progo dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Semoga jalinan kerjasama akan semakin baik lagi kedepannya,” ucap Sutedjo.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Utama Yogyakarta, Asri Basir mengatakan, sampai akhir tahun 2020, jaminan yang sudah dibayarkan BPJS Ketenagakerjaan sekitar Rp 382 miliar dengan jumlah pekerja mencapai 37.277 orang

 “Klaim yang kami bayarkan selama ini tidak bermasalah. Pekerja yang mengajukan klaim terlayani dengan baik,” katanya.

Asri Basir menambahkan, dari 2.565 non ASN di Kulon Progo telah diberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari Pemerintah melalui data BPJS Ketenagakerjaan. Sumber BSU tersebut murni dari APBN.

"Kami berharap bisa terus memberikan manfaat kepada pekerja yang mengikuti kepesertaan Serta memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu," (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00