Media Massa dan PMI Saling Isi Kegiatan Kemanusiaan

KBRN, Sleman : Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, sekaligus Ketua Dewan Kehormatan PMI DIY, memohon kesediaan dari seluruh anggota PMI dan media untuk membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat, terkait Covid-19,

Wakil Gubernur menjelaskan tidak bisa dipungkiri kondisi DIY khususnya, dan Indonesia umumnya memang sedang krisis. Semua yang sedang dihadapi ini tidak akan bisa diselesaikan dengan hanya satu pihak saja yang bekerja. Harus saling membantu dan saling menguatkan.

Menurutnya, Pemda DIY sangat terbantu dengan kehadiran PMI dan media yang aktif memberitakan perkembangan Covid-19 di DIY sekaligus mengedukasi masyarakat.

“Saya mohon bantuannya ndherek titip warga. Artinya, kita harus selalu mengingatkan apapun caranya minimal pada lingkungan terkecil yaitu keluarga, tetangga, teman, rekan kerja dan sebagainya. Selalu mengingatkan dan mengingatkan terkait pentingnya protokol kesehatan,” kata Paku Alam X, pada peringatan HUT PMI ke – 75, di Markas PMI DIY, Gamping, Sleman, Kamis (17/9/2020).

Sementara itu, Ketua PMI DIY, GBPH  H. Prabukusumo, S.Psi menyampaikan, Covid-19 tidak bisa dianggap main-main, sehingga masyarakat harus terus disiplin membantu pencegahannya.

PMI berkomitmen membantu apa saja yang menjadi kesulitan warga, terutama ditengah pandemi Covid-19 yang membuat semua hal menjadi sangat sulit.

“Selama hampir tujuh bulan kita saling bahu membahu bekerja sama mencegah dan menangani wabah ini. Garda terdepan mencegah penyebaran Covid-19 adalah keluarga maupun masyarakat. Dan media massa, dalam hal ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menyebarkan informasi sekaligus memberikan pendidikan kepada masyarakat,” urainya.

Menurut Paku Alam, tugas PMI, selain melayani masyarakat juga mendiseminasikan nilai-nilai kemanusiaan. Media massa dan PMI selalu berjalan beriringan, terlebih di DIY, PMI dan media massa selalu saling mengisi untuk memotivasi masyarakat dengan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

“PMI juga terus memberikan layanan penyemprotan desinfektan termasuk atas permintaan warga secara gratis,” ungkapnya.

Sementara itu, hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada Kamis 17 September 2020 terdapat tambahan 41 kasus positif covid 19 di DIY. (wur/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00