Jaga Ketahanan Rumah Sakit dan Laboratorium

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana

KBRN, Yogyakarta : Keberhasilan penanganan Covid-19 dalam jangka panjang sangat tergantung dari ketahanan rumah sakit dan laboratorium, sehingga ketahanan rumah sakit dan laboratorium menjadi kunci dan harus disiapkan secara baik.

Peran laboratorium kesehatan saat ini sangat penting untuk melakukan uji sampel hasil swab. Kecepatan dan kapasitas laboratorium menjadi salah satu kunci keberhasilan penanganan wabah Covid-19 di DIY.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan, rata-rata laboratorium ini bekerja ekstra dengan tenaga ekstra dan beresiko tinggi karena mengerjakan dan berinteraksi dengan sampel-sampel Covid-19.

"Saya melihat sendiri bagaimana laboratorium laboratorium Di DIY bekerja sangat keras ditengah keterbatasan fasilitas, SDM,  maupun pembiayaan. Beberapa laboratorium diubah mendadak menjadi laboratorium uji Covid padahal sebelumnya laboratorium digunakan untuk berbagai keperluan," katanya, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya, banyak sekali dukungan yang diperlukan untuk berbagai laboratorium ini agar bisa bekerja ekstra keras dengan kapasitas dan kecepatan yang memadai, diantaranya SDM laboran yang berkompeten agar bisa berbagi kerja dengan SDM yang saat ini sudah ada dan kerja ekstra keras bahkan ekstra waktu.

"Dukungan APD, peralatan laboratorium, PCR, operasional, reagen, dan berbagai keperluan lain sangat diperlukan segera," lanjutnya.

Ia menyebutkan, perpanjangan status tanggap darurat untuk yang ketiga kalinya ini mengisyaratkan bahwa penanganan Covid 19 memerlukan strategi nafas panjang.

Fungsi dan peran laboratorium menjadi kunci, kalau laboratorium sampai kolaps akan kacau semua usaha penanganan Covid 19 di DIY.

"Jangan sampai laboratorium kita keteteran dan bahkan ambruk karena kurang dukungan dan kelebihan kapasitas," ungkapnya

DPRD juga minta Dinas Kesehatan DIY segera berkoordinasi dan melakukan pendataan berbagai keperluan dan dipenuhi secepatnya. Koordinasi dengan Pemda Jateng juga diperlukan karena laboratorium di DIY juga mengerjakan sampel dari Jateng dalam jumlah yang cukup banyak.

Kapasitas uji sampel berbagai laboratorium di DIY ini sekitar 1.500 sampel per hari dengan kapasitas terbesar di lab BBTKLPP Bantul dengan kapasitas uji sekitar 1.000 sampel per hari dengan 15 jam kerja. (wur/ryt/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00