9 Sapi Kurban Termasuk 2 Sapi Presiden Disalurkan

Penyaluran hewan kurban

KBRN, Yogyakarta : Sebanyak 9 sapi kurban bantuan pada hari raya Idul Adha 1441 H dari Presiden RI, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY telah diserahkan kepada para penerima di bangsal Kepatihan Yogyakarta, Kamis pagi (30/7/2020).

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY Maladi mengatakan, dua sapi bantuan Presiden RI, masing-masing seharga Rp 87 juta dan Rp 78 juta yang diserahkan untuk Masjid Al Iman, Pedukuhan  Paras, Kelurahan  Banjar Asri, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo dan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta. 

Sedangkan 7 sapi dari Gubernur dan Wakil Gubernur DIY disumbangkan ke sejumlah masjid seperti Masjid Gede Kauman, Masjid Agung Puro Pakualaman, Masjid Pangeran Diponegoro, Masjid Barokah Prambanan, Masjid Al Amin, Pengasih Kulon Progo, Masjid Nurul Huda Dlingo Bantul dan Masjid Al Muttaqin, Gedangsari Gunung Kidul.

"Pemda telah melakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat untuk hewan kurban yang disumbangkan," katanya. 

Salah satu Peternak yang sapinya dibeli untuk hewan kurban bantuan Presiden, Sulistyo Hadi (35) mengaku sudah dua kali sapi miliknya terpilih sebagai hewan kurban bantuan Presiden. 

Menurutnya, sejak dua bulan terakhir Dinas Peternakan sudah mengecek kesehatan sapinya tersebut. Bahkan tim dari Kementerian Pertanian dan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates juga memeriksa darah dan dan mengambil feses sapi untuk diperiksa di laboratorium.

"Tahun lalu sapi yang diberi nama Si Black berbobot 1,185 ton juga dijadikan hewan kurban. Untuk tahun ini saya mengajukan beberapa sapi tapi yang lolos Sonar dengan bobot 1 ton lebih," katanya.

Sementara itu, pemilik sapi lainnya Rika Daru Effendi (28), peternak asal Argomulyo, Sedayu mengaku kaget sapi miliknya dipilih Presiden Jokowi untuk di kurbankan.

"Sapinya sudah hampir sebulan lalu diajukan untuk diseleksi kesehatannya sebagai hewan kurban Presiden," ujarnya. (wur)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00