Ingatkan Kemerdekaan Buah Pengorbanan Jiwa & Raga Pahlawan, Eko Suwanto Serukan Persatuan Indonesia

KBRN, Yogyakarta : Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI semarak dan meriah berlangsung hingga di pelosok kampung di Yogyakarta.

Selain dengan upacara bendera, pentas seni dan aneka lomba kegiatan peringatan Kemerdekaan RI diisi juga acara bakti sosial secara bergotong royong.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto dalam pesan peringatan HUT Kemerdekaan RI menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih atas seluruh partisipasi warga Yogyakarta.

"Kemerdekaan adalah buah dari kerja kerjas, perjuangan, pengorbanan jiwa, harta benda, dan yang lain. Hari ini, luar biasa, masyarakat bergotong royong memperingati nya. Ini di seluruh Yogyakarta menampilkan ekspresinya secara positif, ada kebudayaan,  olahraga, kegiatan sosial dan lain lain. Semua bergembira merayakan Hari kemerdekaan RI, oleh karena itu kepada seluruh rakyat,  matur nuwun," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Rabu (17/7/2022).

Usai mengikuti kegiatan upacara bendera di kampung Tegal Mlati Muja Muuju Kec. Umbulharjo Yogyakarta, bersama warga turut meriahkan peringatan Kemerdekaan RI dengan aneka lomba.

"Hari ini kita bersama warga upacara lalu, perayaan kemerdekaan dengan lomba bola volley plastik, semalam ada tirakatan dan pentas seni yang dlakukan dengan bergotong royong," ujarnya.

Eko Suwanto juga mengingatkan kepada semua rakyat Indonesia untuk terus menerus berjuang dalam menjaga kemerdekaan.

"Kita mendorong pemerintah ke depan mengisi kemerdekaan dan bekerja untuk membahagiakan hatinya rakyat.Pemerintah DIY harus lebih banyak berikan dukungan untuk aneka perayaan kebangsaan seperti yang dilakukan berbasis RT, edukasi kepada anak-anak untuk menjaga dan mencintai Indonesia yang ber bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

Sementara itu, Pengurus RT 23 di Tegal Mlati, Umbulharjo, Eko Prasetyo Utomo menyebutkan, peringatan kemerdekaan memiliki makna penting bagi seluruh warga terutama bagi anak-anak untuk mendapatkan keteladan dan meneruskan peringatan kemerdekaan RI.

"Upacara sebagai peringatan dan hormati jasa pahlawan serta cara mendoakan perjuangan para pendahulu, Harapan ke depan bisa lebih meriah dan diikuti oleh seluruh warga kampung ikut serta," tuturnya.

Sedangkan, Ketua RW 7 Tegal Mlati, Trianto menyebutkan, kegiatan bersama seluruh warga dan pengusaha yang ada di sekitar Tegal Mlati dalam memperingati Kemerdekaan RI menunjukan bahwa rakyat tidak lupa dengan jasa pejuang kemerdekaan.

"Lewat peringatan, upacara bersama ada harapan bisa mendidik dan membina agar generasi muda lebih mampu dan giat, dalam mengisi kemerdekaan dengan kerja untuk membawa kesejahteraan," kata Trianto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar