Peringatan Hari Merdeka di Pasar Merdeka dengan Seribu Bendera

KBRN, Kulon Progo : Hari ini, Rabu (17/8) seluruh warga negara Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77.

Berbagai kegiatan dilakukan seperti upacara bendera, lomba-lomba, menghias rumah dan lingkungan sekitar dengan tema merah putih, tirakatan dan kegiatan lainnya seperti senam massal atau jalan sehat.

Seluruh masyarakat baik yang muda atau yang tua dari anak-anak hingga dewasa semua kompak merayakan hari kemerdekaan.

Tak terkecuali warga masyarakat Dusun Dobangsan Kelurahan Giripeni Wates Kulon Progo merayakan HUT Republik Indonesia ke-77 dengan menggelar upacara bendera di Pasar Merdeka, dipimpin oleh lurah Giripeni, Iswanto Adi Saputro , S.E.

Selain warga masyarakat, upacara bendera ini juga dihadiri oleh Kepala Padukuhan setempat, perangkat RT dan RW serta , anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Tukijan.

Upacara bendera berlangsung khidmat diiringi hembus angin persawahan dan kibaran 1000 bendera di sepanjang lokasi Joglo Among Tani Bulak Dobangsan. Tak ketinggalan upacara juga dimeriahkan oleh penampilan grup drum band dari SD Giripeni yang beberapa waktu lalu memenangi kejuaraan drumband di JCM.

“Alhamdulillah pagi ini bisa terlaksana upacara bendera di Dobangsan. Semoga bisa meningkatkan rasa cinta kita terhadap bangsa Indonesia dan tentunya bisa lebih mempopulerkan wilayah 1000 bendera Dobangsan terlebih sekarang ada Pasar Merdeka",” kata Lurah Iswanto Adi Saputro, Rabu (17/8/2022).

Pasar Merdeka sendiri adalah pasar yang diinisiasi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Dobangsan yang bertempat di Joglo Bulak Tani Dobangsan. Pasar Merdeka diadakan selama bulan Agustus dan sudah dimulai dari hari Sabtu 6 Agustus 2022 lalu.

Pembukaan Pasar Merdeka dihadiri oleh PJ Bupati Kulon Progo Drs Trisaktiyana, M.SI beserta ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Pertanian Kulon Progo, Kepala Kesbangpol Kulon Progo, Dandim 0731 Kulon Progo, Kapolres Kulon Progo, Danramil Temon, Danramil Sentolo, Kapolsek Wates, Lurah Giripeni, Babinsa dan Babinkamtibnas serta pejabat setempat.

“Pasar Merdeka idenya berawal dari KWT yang hendak memanfaatkan momen HUT Kemerdekaan RI ke-77 di mana di Dobangsan identik dengan padukuhan 1000 bendera. Tujuannya untuk menggeliatkan ekonomi keluarga melalui penghasilan anggota KWT,” tutur Ketua KWT ‘Amrih Sae’ Dobangsan, Wahyu Setyarini.

Pasar Merdeka buka dari jam 06.00 hingga 10.00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan Agustus. Produk yang dijual adalah produk lokal KWT ‘Amrih Sae’, hasil bumi petani sekitar wilayah Dobangsan dan produk kerjasama dengan BUMDesa ‘Binangun Mukti’ Giripeni. Menu andalan Pasar Merdeka adalah 'nasi wiwit' dan teh poci gula batu serta makanan tradisional lainnya.

“Pasar Merdeka masih akan berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2022. Jika berkesempatan ke Kulon Progo sempatkan mampir di Pasar Merdeka Dobangsan, Giripeni. Nikmati sensasi makan nasi wiwit di tengah sawah dengan pemandangan 1000 bendera merah putih,” pungkas Wahyu. (acha/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar