DPRD DIY Tetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur

KBRN, Yogyakarta: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027, di kantor DPRD DIY, Selasa (09/08/2022). siang

Rapat yang dimulai pukul 10.00 wib dibuka dengan penyampaian tanggapan fraksi-fraksi DPRD DIY terhadap pemaparan visi, misi, dan program Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur pada rapat sebelumnya yang bertemakan ‘Abad Samudera Hindia’.

Sebelum Rancangan Keputusan Dewan (rakepwan) disetujui dan secara formal ditetapkan. Rakepwan dibacakan oleh Sekertaris Dewan, Haryanta, yang didalamnya menyatakan Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur dan Adipati Paku Alam X sebagai Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Menetapkan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dan Paku Alam X sebagai Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, masa jabatan tahun 2022-2027” ucap Haryanta.

Selanjutnya Pimpinan Dewan, Nuryadi, mengatakan dalam Paripurna tersebut bahwa Keputusan Nomor 51/K/DPRD/2022 tentang Penetapan ini akan diteruskan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.

"Dengan telah ditetapkan keputusan DPRD DIY tersebut, maka untuk tahap selanjutnya DPRD DIY akan mengusulkan pengesahan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta masa jabatan 2022-2027 kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri," jelas Nuryadi.

Rapat Paripurna juga dihadiri oleh Walikota dan Bupati se DIY, Pimpinan DPRD Kota dan Kabupaten se-DIY serta pimpinan instansi pemerintahan di wilayah DIY. (hamdan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar