Pemkab Kulon Progo Berikan Dukungan pada Disabilitas

KBRN Kulon Progo : Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sepakat menjalin kerjasama atau MoU dengan SIGAB terkait inklusi sosial dan pemenuhan hak kelompok sasaran penyandang disabilitas. Direktur SIGAB Suharto, berharap, MoU tersebut mampu meningkatkan partisipasi dan juga akses terhadap difabel untuk memperoleh layanan publik dan terlibat dalam pembangunan. Seluruh program-program inklusi dapat berjalan dan didukung dari seluruh pihak. 

Suharto berharap, seluruh program-program dapat berjalan dan dapat dukungan dari seluruh pihak terutama Pemkab Kulon Progo. Menurutnya terdapat dua faktor utama dari terwujudnya desa atau kelurahan inklusif adalah partisipasi dan akses.

"Disabilitas harapannya dapat ikut berpartisipasi dalam bidang pembangunan mulai dari pengambilan kebijakan hingga prosesnya. Disabilitas juga harus mendapat akses dari hasil pembangunan itu. Harapannya pada fase ini, Kulon Progo yang inklusif bisa kita wujudkan," kata Suharto, Sabtu (2/7/2022).

Sementara itu PJ Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, menjamin, pihaknya akan selalu berupaya memberikan ruang dan akses bagi difabel untuk mendapatkan hak yang sama.

"Kami akan selalu membuka ruang diskusi dan partisipasi dalam setiap pengambilan kebijakan ataupun dalam perencanaan pembangunan yang ramah akan difabel. Saya harapkan dari tahap perencanaan awal dari lingkup paling dekat kalurahan, kecamatan dan kabupaten, mereka harus dilibatkan. Akses ini jangan semata-mata dimaknai sebagai hanya akses fisik infrastruktur, lebih dari itu dimaknai sebagai akses non fisik. Harapan kita semua seluruh kalurahan di Kulon Progo ini dalam 2 tahun bisa menjadi inklusif," ungkap Tri.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar